15.4 C
New York
Thursday, May 16, 2024

Jokowi Minta Laporkan ke Bawaslu dan MK Jika Ada Kecurangan, Jangan Teriak-teriak

Jakarta, MISTAR.ID

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau masyarakat untuk tidak hanya teriak-teriak soal dugaan kecurangan di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Dia menyarakankan masyarakat yang tak puas dengan hasil Pilpres untuk melapor ke Bawaslu dan Mahkamah Konstitusi (MK) dengan disertai bukti.

“Saya kira sudah diatur semuanya. Jadi janganlah teriak-teriak curang. Ada bukti, langsung bawa ke Bawaslu. Ada bukti, bawa ke MK,” ujar Jokowi usai menghadiri IIMS di JI Expo, Jakarta, Kamis (15/2/24).

Jokowi meragukan ada kecurangan di TPS. Menurutnya, ada pengawasan berlapis dari berbagai elemen masyarakat di setiap TPS. Calon anggota legislatif (caleg), partai politik, dan tim sukses capres-cawapres juga mempunyai saksi di masing-masing TPS.

Baca Juga : Wajarkah Kecurangan Pemilu Ditolerir?

Selain itu, ada utusan Bawaslu dan aparat keamanan di setiap TPS. Masyarakat juga bisa mengakses TPS secara bebas. “Saya kira pengawasan yang berlapis-lapis seperti ini akan menghilangkan adanya kecurangan, tetapi kalau memang ada betul, ada mekanisme untuk ke Bawaslu,” ucapnya.

Pemungutan suara Pemilu Serentak 2024, termasuk pilpres, sudah digelar. Sejumlah lembaga survei mengeluarkan quick count dengan hasil kemenangan Prabowo-Gibran di atas 50 persen suara sah. (mtr/hm24)

Related Articles

Latest Articles