22.1 C
New York
Monday, April 29, 2024

Jokowi Kenakan Pakaian Adat Deli Serdang di Upacara Harlah Pancasila 2023

Jakarta, MISTAR.ID

Presiden Joko Widodo bertindak sebagai inspektur upacara (irup) pada peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023 di lapangan selatan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Senin (1/6/23).

Jokowi hadir di lokasi upacara sekira pukul 07.58 WIB. Selain Presiden, hadir juga Wakil Presiden, Ma’ruf Amin, para menteri Kabinet Indonesia Maju, Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono, Ketua DPR, Puan Maharani, Ketua MPR, Bambang Soesatyo dan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono.

Hadir juga Ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi dan Ketua Dewan Pengarah BPIP, Megawati Soekarnoputri.

Baca juga: Bupati Pakpak Bharat Perkenalkan Pakaian Adat Pakpak di Hari Lahir Pancasila

Presiden tampak hadir mengenakan pakaian adat Deli Serdang berwarna hitam dengan hiasan berwarna emas. Para tamu undangan yang hadir juga hadir mengenakan pakaian adat.

“Pada upacara hari lahir Pancasila kali ini, Presiden Jokowi gunakan pakaian adat Kesultanan Deli,” tulis akun YouTube Sekretariat Presiden.

Pakaian adat Kesultanan Deli itu juga terlihat kain yang corak emas yang membalut di pinggang Jokowi. Keris tampak terselip bagian depan pinggang Jokowi.

Baca juga: Upacara Hari Lahir Pancasila, Warga Asahan Pasang Bendera di Jalan Rusak

Ada pun yang bertindak sebagai komandan upacara adalah Direktur Lalu Lintas Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kombes Polisi Alfian Nurrizal. Kemudian, bertindak sebagai perwira upacara adalah Komando Garnisun Tetap (Kaskogartap) I/Jakarta, Brigjen TNI Arkamelvi Karman.

Upacara ini meliatkan lebih dari 4.000 orang yang terdiri dari pasukan upacara, tamu undangan, peserta upacara, petugas dan panitia upacara. (kompas/detik/hm16)

Related Articles

Latest Articles