27.8 C
New York
Tuesday, July 16, 2024

Jokowi Buka Suara Soal Pembatasan Pembelian BBM Bersubsidi Mulai 17 Agustus 2024

Jakarta, MISTAR.ID

Presiden Jokowi akhirnya buka suara soal rencana pembatasan pembelian BBM bersubsidi mulai 17 Agustus 2024. Ia mengatakan hingga saat ini belum ada pemikiran dari pemerintah untuk melaksanakan kebijakan itu.

“Ndak, ndak, ndak, belum ada pemikiran ke sana. Belum rapat juga,” katanya di Jakarta, Selasa (16/7/24).

Rencana pembatasan BBM subsidi mencuat dari Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan. Namun, Luhut tak menjelaskan wacana pembatasan pembelian BBM subsidi lebih detail.

Luhut hanya mengatakan pembatasan dilakukan terkait proyeksi defisit APBN 2024 dan seiring dengan pendapatan negara yang diproyeksi tidak mencapai target.

Baca juga: Mulai 17 Agustus 2024 BBM Subsidi Dibatasi, Pertamina Sumut: Pengguna Didata

“Penurunan penerimaan negara terutama disebabkan oleh merosotnya setoran PPh badan dari perusahaan-perusahaan berbasis komoditas, yang terkena dampak penurunan harga komoditas secara tajam,” kata Luhut.

Masalah ini menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah dalam menjaga stabilitas keuangan dan keseimbangan anggaran negara.

“Sekarang Pertamina sedang menyiapkannya (pembatasan pembelian BBM). Kita berharap 17 Agustus ini, kita sudah bisa mulai. Orang yang tidak berhak mendapatkan subsidi akan kita kurangi,” kata Luhut di unggahan akun media sosialnya, @luhut.pandjaitan, Selasa (9/7/24).

Baca juga: Pembatasan BBM Subsidi Rampung Dibahas, Begini Aturannya

Ia mengatakan pengurangan konsumsi subsidi, salah satunya BBM bisa berdampak besar pada penurunan inefisiensi yang terjadi di Indonesia selama ini.

“Penyaluran subsidi memang banyak tidak tepat sasaran,” tegasnya. (cnn/hm20)

Related Articles

Latest Articles