14.7 C
New York
Wednesday, October 2, 2024

Jokowi akan Bentuk Satgas TIK dan Prioritaskan Keamanan Data  

Jakarta, MISTAR.ID

Satuan Tugas (Satgas) untuk percepatan pemanfaatan Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) akan segera dibentuk Presiden Joko Widodo.

Ini disampaikan usai pengambilan sumpah Menteri, beberapa Wakil Menteri (Wamen) dan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden di Istana Negara, Jakarta, pada Senin (17/7/23).

“Ini bukan persoalan gampang. Akan kita bicarakan nanti dengan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) dan Wamen,” kata Jokowi.

Baca juga: Cegah Kebocoran Data, Dinas Kominfo Sumut Gelar Bimtek Keamanan Siber

Sementara Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin menerangkan, bakal secepatnya dibahas lebih lanjut oleh Presiden. untuk pembentukan Satgas TIK.

“Prinsipnya jangan sampai kalah cepat dengan perkembangan TIK yang ada, baik infrastruktur maupun peraturan,” paparnya.

Selain percepatan TIK, Jokowi menyampaikan, pemerintah bakal mengutamakan keamanan data yang banyak menjadi perhatian. Dirinya beralasan, melantik Menkominfo baru, Budi Arie Budi Arie bertujuan mempercepat kerja pemerintah. Presiden juga melantik Wamen Kominfo, Nezar Patria yang memiliki latar belakang media.

Baca juga: Satgas Pangan Pastikan Stok Beras Aman dan Harga Stabil di Medan

Presiden mengatakan, persoalan di Kementerian Kominfo bukan hal yang gampang. Selain keamanan data dan percepatan IT, Jokowi juga menyinggung keberadaan jual beli elektronik (e-commerce) memerlukan aturan, mengingat pesatnya perkembangan informasi dan teknologi. (mi/hm16)

Related Articles

Latest Articles