17.5 C
New York
Monday, April 29, 2024

Ini Surat Edaran Mendikbud Soal Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Jakarta, MISTAR.ID

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengeluarkan surat edaran terkait penyelenggaraan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2020.

Surat yang ditandatangi Nadiem pada Senin (28/9/20) itu berisi beberapa poin ditujukan kepada instansi pusat, daerah, hingga masyarakat.

Dalam surat itu disebutkan, tema Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2020 adalah Indonesia Maju Berlandaskan Pancasila. Sejatinya upacara digelar di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, pada esok hari, Kamis (1/10/20), pukul 08.00-08.30 WIB.

Baca Juga:Pemerintah Tolak Tafsir Pancasila Jadi Trisila

Namun sehubungan dengan situasi pandemi Covid-19 semua instansi di tingkat pusat, daerah, dan kantor perwakilan RI di luar negeri diminta mengikuti secara virtual dari kantor masing-masing.

“Menteri, pimpinan lembaga negara/instansi pusat beserta pimpinan tinggi madya atau sederajat wajib mengikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan di Monumen Pancasila Sakti Jakarta secara virtual dari kantor masing-masing,” tulis Nadiem dalam surat edaran tersebut.

Tak hanya itu, kepala daerah atau forum koordinasi pimpinan daerah (Forkompimda), kantor/lembaga yang ada di daerah wajib mengikuti Upacara Peringatan Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan di Monumen Pancasila Sakti Jakarta secara virtual dari kantor masing-masing.

Baca Juga:Mahfud MD Tegaskan, Nonton Film G30S/PKI Tak Dilarang, Tapi…

Lebih lanjut surat edaran Menkdibud itu meminta instansi pusat dan daerah, serta seluruh masyarakat mengibarkan bendera setengah tiang pada 30 September 2020. Sementara pada esok hari, bendera dikibarkan satu tiang penuh.

“Setiap kantor instansi pusat dan daerah, kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri serta seluruh komponen masyarakat Indonesia pada tanggal 30 September 2020 agar mengibarkan bendera setengah tiang dan tanggal 1 Oktober 2020 pukul 06.00 waktu setempat, bendera berkibar satu tiang penuh,” ucap Mendikbud.

Nantinya Mendikbud Nadiem bakal memberikan pidato pada 30 September 2020.(okezone.com/hm01)

Related Articles

Latest Articles