22.1 C
New York
Monday, April 29, 2024

Human Development Index Indonesia Berada di Peringkat Tertinggi

Pengembangan SDM Sangat Krusial untuk Indonesia Emas 2045

Jakarta, MISTAR.ID
Program pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas menjadi salah satu kunci penting untuk mencapai Indonesia Emas 2045 dan menyambut Bonus Demografi 2030, demikian disampaikan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Deputi Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan, dan Remaja Kementerian Femmy Eka Kartika Putri mengatakan, kualitas sumber daya manusia suatu negara menentukan pembangunan negara tersebut.

Kualitas sumber daya manusia dapat dilihat dari Indeks Pembangunan Manusia melalui dimensi kesehatan, pendidikan, dan pendapatan, ujarnya dalam talkshow Youth Mental Health yang disiarkan secara daring, Selasa (29/11/22)

“Saat ini Human Development Index Indonesia berada di peringkat tertinggi, namun Indonesia tetap harus meningkatkan indeks tersebut agar masyarakat Indonesia dapat lebih sejahtera,” ujarnya.

Baca juga:DPR Cecar Mentri ESDM: 90 Persen Tambang Nikel Indonesia Dikuasai China

Jumlah anak muda usia 16-30 tahun di Indonesia saat ini mencapai 64,9 juta jiwa, ujarnya. Anak-anak muda ini diharapkan memiliki kesehatan fisik dan mental yang sehat, sehingga dapat menjadi aktor pembangunan dan pemimpin masa depan Indonesia yang dapat menjadikan Indonesia sebagai negara yang maju, modern, dan berdaya saing, tegas Putri.

Kementerian terus mendorong upaya penguatan program pengembangan sumber daya manusia untuk mewujudkan generasi emas, kompetitif, dan berkualitas.

Talkshow “Memperkuat Kesehatan Mental Remaja Indonesia” merupakan upaya pencegahan perilaku berisiko pada remaja untuk mendukung program pengembangan sumber daya manusia, tandasnya.

Hal ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan kementerian untuk mengkampanyekan pentingnya pengembangan sumber daya manusia. Ketahanan kesehatan merupakan komponen penting dalam mendukung program pembangunan sumber daya manusia di tanah air, tambahnya.

Baca juga:Pakpak Bharat Raih Indeks Tertinggi Pembangunan Gender dan Pemberdayaan Gender

Karena itu, ia menekankan perlunya menjamin kesejahteraan fisik dan mental para penerus bangsa. Kesehatan jiwa merupakan kondisi bagi individu untuk dapat tumbuh dengan baik dan optimal. Seorang individu harus berkembang dengan baik secara fisik, mental, spiritual, dan sosial, katanya. Dengan demikian, mereka dapat mengatasi tekanan, bekerja secara produktif, dan mampu memberikan kontribusi kepada komunitasnya, kata Putri. (antara/hm06)

Related Articles

Latest Articles