19.3 C
New York
Monday, October 7, 2024

Gunung Lawu Terbakar Lagi, Kini di Bagian Magetan

Magetan, MISTAR.ID

Gunung Lawu kembali terbakar. Kali ini api berada di kawasan Magetan. Tepatnya di Petak 73B, RPH Sarangan atau sekitar Desa Getasanyar, Kecamatan Sidorejo. Tidak hanya di sekitar Sidorejo, api juga sudah ada di wilayah Petak 51B-1, RPH Bedagung yang terletak di wilayah Desa Ngiliran, Kecamatan Panekan.

Sejak Jumat (20/10/23), BPBD Jatim telah mengirimkan 24 personel pasukan pemadam yang bergerak melalui jalur darat. Selain itu, 22 personel bersama dua mobil pemadam kebakaran (damkar) dari Kota Surabaya juga bergabung untuk memadamkan api.

Kabid Kedaruratan dan Logistik (KL) BPBD Jatim, Satriyo Nurseno memastikan BPBD Jatim juga menyediakan sejumlah bantuan logistik dan peralatan untuk mendukung upaya pemadaman ini.

“Bantuan tersebut mencakup alat pelindung diri (APD), sekop, cangkul, parang, Jet shooter, kacamata googles, masker, sepatu boots, kaos lapangan, dan berbagai jenis makanan,” kata Satriyo, Senin (23/10/23).

Baca juga: Luas Lahan yang Terbakar di Gunung Lawu Capai 200 Hektare

Selama tiga hari terakhir, tim gabungan yang bekerja di jalur darat fokus pada pembuatan ilaran atau sekat bakar untuk mencegah meluasnya kebakaran. Hingga akhir pekan ini, panjang total ilaran yang telah dibuat mencapai sekitar 7.610 meter.

Api belum padam

Meski telah membuat ilaran, api belum bisa dipadamkan juga karena terhambat dengan kondisi medan yang curam dan berbatu, serta angin kencang.

“Sabtu malam (21/10/23), kebakaran hutan bahkan menyebar hingga ke pinggiran jalan di daerah Tamansari, Desa Pacalan, Kecamatan Plaosan. Tim gabungan BPBD Jatim dan Magetan, bersama Polsek setempat, relawan, dan pasukan Damkar Kota Surabaya, bergerak cepat untuk memadamkan dengan menggunakan Jetshooter dan Fire Pumper Truck,” jelasnya.

Karena letaknya di pinggiran jalan raya, jalur lalu lintas pun harus ditutup sementara demi keselamatan pengguna jalan.

Baca juga: Misterius, Ini Cerita Dibalik Hilangnya Pendaki di Gunung Guntur

Selain pembuatan ilaran, tim gabungan pemadaman Karhutla Gunung Lawu juga telah membuat tandon air di Kawasan Cemoro Sewu dengan ukuran tertentu. (mtr/hm20)

Related Articles

Latest Articles