10.3 C
New York
Monday, May 13, 2024

Gawat! 14-15 Orang Per Jam Tewas Karena TBC

Jakarta, MISTAR.ID
Pemerintah menargetkan bisa melakukan pengendalian penyakit dan kesehatan lainnya di Indonesia, seperti tuberkulosis (TBC), Malaria hingga Stunting

Menteri Perencanaan Pembangunan (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan, salah satu fokus pemerintah untuk tahun 2021 adalah reformasi sistem kesehatan nasional.

Sebab, dengan adanya pandemi ini bisa terlihat sistem kesehatan nasional harus diperbaiki agar mampu menghadapi masalah lebih besar ke depannya.

Apalagi saat ini Indonesia menjadi nomor 3 terbanyak untuk TBC dan tingkat kematian dari TBC sangat mengerikan. Sebab, tingkat kematian TBC hingga saat ini mencapai hingga 15 orang per jam.

Baca Juga:Kemenkes: Obat Anti TBC itu Gratis

“TBC hampir 900 ribu pasien dan 14-15 orang wafat per jam. Jadi kalau gelisah ada Covid-19, kalau kematian TBC diumumkan, banyak orang Indonesia yang akan gelisah,” ujarnya di Ruang Rapat Komisi XI, Senin (22/6/20).

Selain TBC, kemudian ada juga malaria yang diharapkan bisa diturunkan tahun depan. Dimana hingga saat ini sudah ada sebanyak 382 kota yang dieliminasi dari penyakit tersebut.

Kemudian, Kusta. Dengan adanya reformasi kesehatan ini diharapkan Indonesia akan bebas kusta, seperti yang pernah diproklamasikan pada tahun 80’an. Sebab, saat ini Indonesia mempunyai kasus kusta tertinggi setelah Brazil dan India.

Selanjutnya, imunisasi. Saat ini dari tingkat Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) anak Indonesia hanya mencapai 55 persen-60 persen, sehingga ke depan diharapkan bisa mencapai 90 persen.(cnbcindonesia/hm10)

Related Articles

Latest Articles