27.8 C
New York
Monday, July 22, 2024

Foto Syahrul Yasin Limpo Bersama Ketua KPK, Nasdem: Itu Ranah Pribadi

Jakarta, MISTAR.ID

Tersebarnya gambar Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri berjumpa eks Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL), dinilai Partai NasDem, itu peristiwa pribadi bersangkutan.

Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai NasDem, Ahmad Ali saat dihubungi, pada Jumat (6/10/23) menuturkan, partainya tidak memiliki kapasitas menjelaskan kejadian itu.

“Karena itu merupakan peristiwa pribadi. Partai juga tidak wajib memiliki kepentingan untuk mencari tau tentang yang beredar itu,” paparnya.

Baca juga: Beredar Foto Firli Bahuri Bertemu SYL Diduga di GOR Tangki, Penjaga GOR: Ngobrol Bareng

Dia juga menyampaikan, Partai NasDem menilai pertemuan dalam foto dimaksud adalah ranah privasi. Ali mengatakan, mantan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) itu juga tidak memberikan penjelasan mengenai foto dimaksud kepada Partai NasDem.”Partai NasDem menganggap itu rumor privat,” tukasnya.

Mengenai indikasi pemerasan oleh pimpinan KPK terhadap SYL, anggota DPR RI ini mengatakan, partainya tak mau berandai-andai. Ali menyerahkan seluruh proses hukum ke penegak hukum.

“Kita jangan berandai-andai, tapi jadi kewenangan penegak hukum untuk memproses seluruh laporan masyarakat. Saya tidak memiliki kewenangan menyatakan benar atau tidak. Kita serahkan pada proses hukum,” tutur anggota Komisi III DPR ini.

Baca juga: Syahrul Yasin Limpo Masih Kader Aktif Partai NasDem

Informasi yang sudah beredar, Firli Bahuri dan SYL disebut pernah bersua pada Desember 2022. Perjumpaan keduanya terjadi di salah satu lapangan bulutangkis daerah Mangga Besar, Jakarta Barat.

Rumor pertemuan itu menjadi sorotan. Pasalnya, sejak pertengahan tahun 2022, lembaga antirasuah tersebut tengah melakukan dugaan penyelidikan kasus korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan).

Penyelidikan lalu ditingkatkan ke penyidikan di tahun 2023. Surat perintah dimulainya penyidikan kasus korupsi di Kemetan kemudian keluar dan diteken Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron pada 26 September 2023. (dtk/hm16)

Related Articles

Latest Articles