18.9 C
New York
Tuesday, May 7, 2024

Dua Hari di China, Jokowi Dijadwalkan Berjumpa Xi Jinping dan Pengusaha Besar 

Jakarta, MISTAR.ID

Direncanakan Presiden Joko Widodo akan melakukan kunjungan ke Chengdu, China pada tanggal 27 dan 28 Juni 2023.

“Program utamanya berjumpa dan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden China, Xi Jinping,” sebut Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Selasa (25/7/23).

Menurut Retno, Presiden ke 7 Indonesia itu bakal melakukan pertemuan bisnis dengan pengusaha besar di Negara Tirai Bambu tersebut.

Baca juga: Jepang Menutup Chip China, Xi Jinping Kalang Kabut

Presiden bersama beberapa kepala negara direncanakan akan menghadiri pembukaan Olimpiade mahasiswa sedunia yang digelar di Chengdu. Olimpiade itu rencananya digelar pada 2021 lalu, namun terpaksa ditunda 2 kali akibat Covid-19.

Sebelumnya, bulan Juli 2022, Jokowi telah melakukan kunjungan kerja (kunker) ke China. Ini termasuk bagian kunjungan kerja ke Asia Timur, seperti China, Jepang dan Korea Selatan (Korsel).

Ketika itu, Jokowi dan Xi Jinping menyampaikan komitmen masing-masing dalam memperkuat kerja sama ekonomi yang saling menguntungkan bagi Indonesia dan China, sekaligus kawasan dan dunia. Keduanya juga membicarakan tentang G20 dan ASEAN.

Baca juga: Jokowi Pastikan Pasokan Pangan Aman untuk Menghadapi El Nino

Indonesia dan China diketahui mempunyai kerja sama ekonomi yang dekat. Dilansir dari data Kementerian Perdagangan (Kemendag), keseluruhan perdagangan kedua negara itu di tahun 2022 mencapai 133,5 miliar dolar AS.

Dalam jangka waktu 5 tahun, pertumbuhan nilai perdagangan Indonesia dan China hingga 17,69 persen. (tmp/hm16)

Related Articles

Latest Articles