5.7 C
New York
Thursday, April 25, 2024

Diduga Korupsi Rp13,9 Miliar, SYL Gunakan Untuk Cicilan Mobil Alphard

Jakarta, MISTAR.ID

Mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL), diduga melakukan korupsi sebesar Rp13,9 miliar di Kementerian Pertanian. Wakil Ketua KPK, Johanis Tanak, mengatakan dana tersebut digunakan untuk membayar cicilan kartu kredit, serta cicilan mobil Toyota Alphard.

“Uangnya digunakan SYL untuk bayar cicilan kartu kredit dan mobil Alphard yang dimilikinya,” kata Johanis, Jakarta, Kamis (12/10/23).

Kini, KPK sedang menyelidiki aliran dana yang diterima mantan Menteri Pertanian tersebut. Dan, apakah ada aliran dana ke partai politik Nasional Demokrat (NasDem).

Baca juga: Syahrul Yasin Limpo Tak Hadiri Panggilan KPK, Pilih ke Kampung Halaman

Johanis menambahkan, pihaknya juga akan melakukan penyelidikan dan melacak semua aset yang berasal dari penggelapan keuangan negara. Aset yang terbukti berasal dari penggelapan akan disita yang bekerja sama dengan PPATK.

“Kita akan mengambil langkah-langkah hukum berupa penyitaan jika ada bukti bahwa ada aliran dana hasil korupsi kepada siapapun, tanpa kecuali,” katanya.

Sebelumnya, KPK telah menetapkan tiga tersangka dalam kasus ini. Mereka diduga bersama-sama menyalahgunakan kekuasaan dengan memaksa memberikan suap dalam proses lelang jabatan, serta terlibat dalam pengadaan barang dan jasa dengan menerima gratifikasi di lingkungan Kementerian Pertanian.

Baca juga: Mentan Kunjungi Kapolda Metro Jaya

Johanis menjelaskan bahwa uang yang diterima oleh SYL bersama dengan tersangka lainnya, KS dan MH, sekitar Rp13,9 miliar. Dana tersebut berasal dari realisasi anggaran Kementerian Pertanian. (berbagai sumber/hm20)

Related Articles

Latest Articles