22.2 C
New York
Saturday, September 28, 2024

Demo 9 Tahun Jokowi Diwarnai Aksi Lempar Batu dan Botol, 2 Orang Ditahan Polisi

Jakarta, MISTAR.ID

Ratusan massa yang menggelar aksi 9 tahun pemerintahan Jokowi yang digelar di depan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Jumat (20/10/23), melempari aparat keamanan dengan batu dan botol mineral.

Seperti dilansir CNN Indonesia, sekira pukul 18.00 WIB, massa membakar ban bekas di dua titik yakni di depan dan belakang barikade. Massa juga mulai merusak kawat berduri yang dipasang petugas kepolisian.

Beberapa massa membubarkan diri karena kericuhan tersebut. Polisi masih bersiaga di lokasi dan mulai mengenakan alat pelindung diri. Water canon juga bersiaga di lokasi.

Baca Juga: KontraS Ragukan Komitmen Mahfud MD dalam Penegakan Hukum dan HAM

Petugas sempat mengimbau massa agar tetap tenang dan kondusif. Namun imbauan itu tak diindahkan.

“Tetap tenang, jangan rusak barikade. Kami akan fasilitasi aspirasinya,” seru personel kepolisian dari mobil komando.

Mahasiswa sempat menaiki patung kuda dan memasang spanduk protes dan beberapa dari mereka duduk di sana.

Polisi yang awalnya berjaga di belakang barikade, kemudian menghalangi massa yang merangsek barikade lalu membawa sejumlah pedemo yang diduga memicu provokasi.

Baca Juga: Nama Bacawapres Prabowo Diumumkan Seusai Rapimnas Golkar

“Dua orang ditangkap yang menerobos barikade,” kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro di lokasi demo, dikutip dari CNN Indonesia.

Sebelumnya, dalam undangan aksi yang beredar, unjuk rasa ini digelar sebagai bentuk respon atas putusan MK yang dinilai dapat melanggengkan praktek KKN. Aksi juga bertepatan dengan sembilan tahun pemerintahan Jokowi. (CNN/hm22)

Related Articles

Latest Articles