25.7 C
New York
Sunday, May 26, 2024

Bunga yang Tumbuh 3.000 Tahun Sekali Ditemukan di Kalbar

Kalbar, MISTAR.ID

Bunga Udumbara. Nama bunga ini masih asing di telinga. Padahal, bunga ini adalah bunga langka berukuran kecil yang mekar sekali dalam 3.000 tahun. Kini, bunga tersebut ditemukan tumbuh di Desa Terap, Kecamatan Toho, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat (Kalbar).

Penemuan ini terjadi di salah satu ruangan di kantor Instalasi Pembibitan Ternak Itik dan HPT, Bidang Peternakan, Dinas Pertanian, Perkebunan, dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Barat yang berlokasi di Desa Terap.

Penemuan langka ini pertama kali dilaporkan oleh drh. Sri, seorang dokter hewan yang bertugas di tempat tersebut. Awalnya, Sri tidak mengetahui apa jenis tumbuhan ini dan bahkan sempat mencari informasi tentangnya di internet.

Baca juga: Antartika Ditumbuhi Bunga-bunga

“Kami menemukan 27 tangkai bunga Udumbara. Pada awalnya, kami mengira itu adalah sarang laba-laba. Penemuan terjadi, Rabu (4/10/23). Ternyata bunga ini mekar selama 1 tahun, sesuai dengan informasi yang ditemukan di internet,” jelas Sri, Jumat (6/10/23).

Bunga Udumbara ditemukan tumbuh di dalam kandang kucing yang terbuat dari besi. Sri berjanji akan merawatnya dengan baik agar tidak kehilangan wanginya.

Belum banyak informasi yang diketahui secara pasti dari para peneliti karena keberadaannya yang sangat langka dan jumlah sampelnya terbatas. Belum bisa juga dipastikan apakah Udumbara termasuk dalam kategori tumbuhan atau hewan.

Baca juga: 6 Orangutan Dilepasliarkan di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya, Kalimantan Barat

Pada masyarakat tradisional, Udumbara dipercayai sebagai bunga surgawi yang membawa keberuntungan, keselamatan, dan pembebasan manusia dari penderitaan. (mtr/hm20)

Related Articles

Latest Articles