6.8 C
New York
Wednesday, October 16, 2024

BMKG Jelaskan Penyebab Panas dan Gerah di Sore hingga Malam Hari

Jakarta, MISTAR.ID

Pada bulan Oktober 2024 ini, sejumlah wilayah di Indonesia sedang memasuki musim pancaroba.

Musim pancaroba adalah periode peralihan dari musim kemarau ke hujan. Hal ini sesuai pernyataan pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Seorang prakirawan cuaca BMKG, Riefda Novikarany menyampaikan, wilayah yang mengalami musim pancaroba itu adalah Pulau Jawa dan Bali, serta Nusa Tenggara.

Bila suhunya terasa panas, kata Riefda, itu karena pancaroba identik dengan kondisi cuaca cerah dan tingkat tutupan awan yang rendah pada pagi hari.

Baca juga: Dairi hingga Tapteng Diprediksi Diterjang Hujan Petir Besok, BMKG: Waspada

“Ini menyebabkan radiasi matahari tidak terhalang dan bisa masuk ke permukaan bumi, sehingga pagi hingga menjelang siang hari suhu udara akan terasa panas,” jelasnya dalam keterangan tertulis dilansir tempo, pada Rabu (16/10/24).

Pada sore sampai malam harinya, lanjut Riefda, terbentuk awan-awan hujan. Tutupan awan itu yang menghalangi pelepasan energi panas dari bumi ke luar angkasa, ditambah lagi kondisi kelembaban udara yang masih cukup tinggi.

“Sehingga yang terasa pada sore-malam hari adalah panas dan gerah,” tukasnya.

Ia juga menyampaikan, dalam beberapa hari terakhir terjadi kulminasi atau fenomena ketika matahari tepat berada di posisi paling tinggi di langit. Keadaan ini bisa mempengaruhi suhu udara yang panas, ditambah lagi tidak adanya awan. (tpc/hm27)

Related Articles

Latest Articles