26.6 C
New York
Friday, August 9, 2024

Besok Kirab Bendera Merah Putih dan Teks Proklamasi Dikirim ke IKN

Jakarta, MISTAR.ID

Diagendakan besok, Sabtu (10/8/24) rentetan seremonial Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia akan kembali digelar.

Dijadwalkan kirab Bendera Merah Putih dan teks proklamasi bakal dikirimkan dari Monas menuju Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Kegiatan akan dilaksanakan, pada Sabtu (10/8/24), sekira pukul 08.00 WIB. Arak-arakan kirab akan dimulai dengan penyerahan duplikat Bendera Merah Putih dan teks proklamasi di Ruang Kemerdekaan Monumen Nasional dari Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono pada Tim Purna Paskibraka.

Baca juga:Berikut Jalur Kirab Bendera Pusaka dari Monas ke IKN

Tim Purna Paskibraka 2023 yang bakal bertugas menjadi pembawa Bendera Merah Putih adalah Kachina Ozora dari Provinsi Kalimantan Tengah (Kalsel). Sedangkan Keyla Azzahra Purnama dari Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) sebagai pembawa teks proklamasi.

Berikutnya, bendera dan teks proklamasi akan diboyong memakan kendaraan taktis (rantis) Maung dengan iring-iringan dari Paskibraka DKI Jakarta, pasukan berkuda, sampai marching band.

Tahun ini pawai kirab akan berlangsung lebih panjang. Mulai dari Monas, iring-iringan akan menuju Jalan Thamrin, Bundaran HI, Jalan Gatot Subroto, Cawang, hingga Bandara Halim Perdanakusuma. Selanjutnya iring-iringan diterbangkan ke IKN dengan pesawat Boeing TNI AU.

Baca juga:Seribu Mobil Dicarter Persiapan HUT RI ke-79 di IKN

Sesampainya di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, bendera dan teks proklamasi akan dibawa ke Istana Negara di IKN. Purna Paskibraka 2023 bertugas memboyong bendera Merah Putih yakni Naila Aulita Alqubra Sinapoy dari Provinsi Banten. Sebagai pembawa teks proklamasi adalah Lilly Wenda dari Provinsi Papua Pegunungan.

Prosesi ini adalah perdana sekali dalam sejarah. Sebab untuk pertama kalinya Bendera Merah Putih dan teks proklamasi dikirabkan ke IKN.

Iring-iringan kirab ini tidak cuma sebagai simbol penghormatan bagi sejarah dan perjuangan bangsa, namun menggambarkan tekad agar terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Baca juga:Bandara di IKN Nusantara Belum Bisa Beroperasi pada HUT RI ke-79

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono menuturkan, kirab ini juga adalah simbol kebersamaan dan sinergi antara DKI Jakarta dan IKN.

“Nantinya, bendera akan diserahkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Paskibraka agar dikibarkan di Istana Negara IKN pada 17 Agustus 2024 mendatang,” ucap Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana. (dtk/hm16)

Related Articles

Latest Articles