18.6 C
New York
Thursday, April 25, 2024

Banjir Melanda 9 Kecamatan, Dua Orang Warga Meninggal

Cirebon, MISTAR.ID

Banjir akibat limpasan Sungai Sisanggarung dan Sungai Ciberes yang terjadi sejak Selasa (5/3/24) yang melanda wilayah Cirebon, Jawa Barat menyebabkan dua orang warga meninggal. Hingga saat ini, Jumat (8/3/23) banjir masih meredam sekitar 9 kecamatan.

Adapun daerah yang masih tergelang antara lain, Kecamatan Waled, Gebang, Karangwareng, Losari, , Ciledug, Pasaleman, Pangenan, Babakan dan Kecamatan Pabedilan.

Humas Ahli Muda BPBD Jawa Barat Hadi Rahmat mengatakan, banjir sudah merendam 42.617 rumah, 21 sekolah dan 20 tempat ibadah serta 923,5 hektare sawah.

Baca juga: Kendari Dilanda Banjir, Satu Rumah Hanyut

Akibat banjir ini, sebanyak 160.414 jiwa dari 35.720 tidak bisa tinggal di rumah mereka dengan baik. “Untuk korban jiwa yang meninggal dunia ada dua orang,” katanya.

Sebelumnya, Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mengatakan setiap tahunnya daerah Cirebon selalu dilanda banjir. Mencegah masalah serupa, saat ini Pemerintah Provinsi Jabar sedang berupaya menormalisasi sungai.

Ia berharap normalisasi dapat mengakhiri siklus banjir yang menghantui wilayah Cirebon, serta memberi kesempatan bagi masyarakat untuk hidup dan beraktivitas normal tanpa rasa takut akan ancaman banjir. (detik/hm17)

Related Articles

Latest Articles