9.2 C
New York
Thursday, October 17, 2024

70 Nelayan Terjebak Ombak di Dermaga, Upaya Evakuasi Sulit Dilakukan

Jawa Barat, MISTAR.ID

Sebanyak 71 nelayan terjebak ombak besar di dermaga besi bekas PT Sumber Baja Prima (SBP), Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Hingga saat ini, Kamis (17/10/24), proses evakuasi terkendala gelombang setinggi 3-5 meter.

Pejabat Humas Basarnas Jakarta Ramli Prasetyo mengatakan, pihaknya telah berdiskusi dengan Kepala Kantor SAR Jakarta Desiana Kartika Bahari, untuk menyelamatkan para nelayan tersebut.

Menurutnya, ada dua opsi yang dapat dilakukan untuk mengevakuasi mereka. Pertama, jika memungkinkan, tim akan menggunakan perahu nelayan untuk merapat ke dermaga.

Baca juga:Pesawat Komersil Jatuh ke Danau di Tanzania, 19 Orang Tewas

Namun, jika itu tidak memungkinkan karena situasi ombak yang tinggi terus menghantam perairan Tegalbuleud, maka dilakukan alternatif kedua, yakni mengerahkan helikopter.

“Jika menggunakan helikopter, kita akan membawa mereka ke Ujung Genteng, tepatnya di lokasi Satradar. Ini menjadi opsi paling aman saat ini, mengingat merapat ke dermaga Tegalbuleud belum memungkinkan,” jelas Ramli.

Perlu diketahui, ombak besar pada Rabu (16/10/2024) pagi, menyebabkan tiga nelayan dilaporkan hilang dan 71 lainnya terjebak akibat akses yang terputus. Hingga saat ini, tim SAR gabungan masih bersiaga di lokasi, menunggu cuaca membaik untuk melanjutkan proses evakuasi.(mtr/hm17)

Related Articles

Latest Articles