27.2 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

250 Ribu CPNS 2024 akan Ditempatkan di IKN

Jakarta, MISTAR.ID

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengungkapkan jika sebanyak 250 ribu Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 yang merupakan lulusan baru akan ditempatkan di Ibu Kota Negara (IKN Nusantara).

“Presiden telah memerintahkan pembuatan skenario komprehensif terkait pemindahan ASN secara menyeluruh. Kami sedang mematangkan rencana ini, termasuk formasi pemerintah pusat sebanyak 250 ribu fresh graduate. Tahapan ini termasuk seleksi talenta-talenta digital yang dijadwalkan akan diuji pada bulan Maret,” ungkapnya di Gedung Bappenas, Selasa (30/1/24).

Azwar menjelaskan bahwa saat ini pihaknya sedang berkoordinasi dengan kementerian/lembaga terkait untuk mengidentifikasi kebutuhan formasi CPNS.

Baca juga: Realisasi Anggaran IKN Nusantara Tahun 2023 Rp32,2 Triliun

Selain itu, Azwar menyampaikan bahwa Presiden Jokowi juga menginginkan pemberian peluang khusus kepada masyarakat lokal untuk menjadi ASN di IKN.

“Kami sedang berdiskusi bersama Presiden,” katanya.

Sebelumnya, Azwar menegaskan bahwa seleksi PNS untuk IKN, baik yang dipindahkan maupun direkrut melalui jalur CPNS 2024, akan dilakukan dengan ketat.

Menurutnya, pemindahan PNS ke IKN untuk mendorong terbentuknya budaya birokrasi baru berbasis digital.

“Di IKN, kita tidak hanya memindahkan ASN, melainkan untuk menciptakan budaya birokrasi baru yang berbasis digital. Diperlukan ASN yang tidak hanya unggul secara akademis, tetapi juga memiliki keterampilan dan kemampuan multitasking,” tandasnya. (cnn/hm20)

Related Articles

Latest Articles