16.6 C
New York
Thursday, May 9, 2024

21 Karyawan Lumbung Pangan Jatim Positif Covid-19

Surabaya, MISTAR.ID

Sebanyak 21 karyawan Lumbung Pangan Jawa Timur terkonfirmasi positif corona setelah tes swab massal dilakukan di lokasi tersebut. Karenanya, Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surabaya Irvan Widyanto mengatakan pihaknya akan melakukan tracing untuk memutus rantai penyebaran corona.

“Jadi, berdasarkan informasi pemberitaan media itu, tentunya kami akan tindaklanjuti. Sebagai gugus tugas di Surabaya, tentunya kami akan melaksanakan tracing ke sana,” kata Irvan di kantornya, Kamis (20/8/20).

Irvan yang juga kepala BPB Linmas Kota Surabaya mengatakan tracing itu akan dilakukan bagi karyawan yang tercatat sebagai warga Kota Surabaya. Sedangkan bagi bagi yang bukan, maka pihaknya akan berkoordinasi dengan gugus tugas daerah asal karyawan tersebut.

Baca juga: Jumlah Covid-19 Di Jatim Kini Tertinggi Di Indonesia

“Kalau warga Surabaya, kami yang akan melakukan tracing, tapi yang bukan warga Surabaya, nanti akan kami surati daerah asal karyawan tersebut supaya ditracing pula,” ujarnya.

Ia mengatakan, tracing penting dilakukan untuk mencegah penularan. Bahkan, ia mengaku tidak menutup kemungkinan nantinya karyawan yang berasal dari Surabaya itu, akan dilakukan treatment seperti yang sudah dilakukan selama ini kepada warga yang positif Covid-19.

“Treatmentnya nanti akan dites swab dulu, jika positif dan menunjukkan gejala, akan langsung kami larikan ke rumah sakit yang menangani Covid-19. Sedangkan jika positif tapi tidak menunjukkan gejala, nanti akan kami isolasi di Hotel Asrama Haji,” ujarnya.

Sebelumnya, Penanggung Jawab Lumbung Pangan Jatim, Erlangga Satriagung mengungkapkan bahwa 21 orang karyawannya telah terkonfirmasi positif virus corona (Covid-19). “Iya benar, ada 21 yang positif, baru keluar hasilnya,” kata Erlangga saat dikonfirmasi, Rabu (19/8/20).

Erlangga mengatakan, kasus ini bermula setelah ada satu orang karyawan yang mengalami gejala, dinyatakan positif berdasarkan hasil swab. Ia pun telah dirawat di RS PHC, Surabaya.

Usai temuan tersebut, kemudian ada satu lagi karyawan yang dinyatakan positif. Pihak Lumbung Pangan bersama Pemerintah Provinsi Jatim lantas melakukan swab massal terhadap puluhan karyawan lainnya.

Hasilnya, dua hari lalu ada 15 orang dinyatakan positif. Dan hari ini, bertambah empat orang karyawan lagi yang positif corona. “Jadi pertama itu ada satu, di tambah satu lagi, kemudian dua hari lalu muncul 15 positif, dan hari ini baru setengah jam lalu keluar empat orang positif,” katanya.

Direktur Utama BUMD PT Panca Wira Usaha (PWU) ini mengatakan, sebanyak 19 orang di antaranya berstatus sebagai orang tanpa gejala (OTG) sehingga mereka menjalani isolasi mandiri. Sedangkan dua lainnya dirawat di rumah sakit. (cnn/hm09)

Related Articles

Latest Articles