13.2 C
New York
Friday, May 3, 2024

199 Titik Panas Terdeteksi di Kaltim

Kaltim, MISTAR.ID

Setidaknya, ada 199 titik panas yang terdeteksi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan di seluruh Kalimantan Timur (Kaltim). Secara rinci, titik panas tersebar di enam kabupaten.

Sebanyak 74 titik di Kabupaten Paser, 3 titik di Penajam Paser Utara, 46 titik di Kutai Timur, 61 titik di Kutai Kartanegara, 7 titik di Kutai Barat, dan 8 titik di Kabupaten Berau.

“Di Kutai Barat, titik api tersebar di empat kecamatan, termasuk Long Iram, Muara Pahu, Penyinggahan, dan Tering,” jelas Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Diyan Novrida, Senin (2/9/23).

Baca juga: Jambi dan Palembang Terapkan PJJ karena Karhutla

Kemudian, di Kutai Kartanegara, titik api terjadi di sembilan kecamatan, yaitu Kembang Janggut, Kota Bangun, Kenohan, Loa Kulu, Loa Janan, Sangasanga, Muara Kaman, dan Samboja.

“Di Kabupaten Paser, kami mendeteksi 74 titik panas, yang tersebar di 10 kecamatan, seperti Batu Sopang 6, Muara Samu 1, Batu Engau 34, Kuaro 3, Long Ikis 12, Long Kali 4, Muara Komam 1, Pasir Belengkong 3, Tanah Grogot 3, dan Tanjung Harapan 7 titik. Semua titik ini memiliki tingkat kepercayaan menengah,” tambah Diyan.

Diyan mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati, termasuk dengan tidak membuang puntung rokok sembarangan dan menghindari melakukan pembakaran saat mengelola lahan, demi mencegah terjadinya kebakaran. (cnn/hm20)

Related Articles

Latest Articles