29.7 C
New York
Monday, July 8, 2024

1.627 Lulusan IPDN Dilantik Wapres, dari Sumut Raih IPK Tertinggi

Jakarta, MISTAR.ID

Sebanyak 1.627 orang Pamong Praja Muda lulusan Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN) tahun 2023 dilantik Wakil Presiden (Wapres), Ma’ruf Amin

Secara simbolis, 10 orang perwakilan lulusan angkatan ke XXX itu dilantik secara langsung di Istana Wakil Presiden, Jakarta Pusat, pada Kamis (27/7/23).

Ma’ruf menyampaikan, agar para praja harus aktif menjadi bagian dari solusi dalam mengelola program-program strategis nasional. Dirinya meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) muda tidak hanya menunggu arahan dari pimpinannya.

Baca juga: Junimart Girsang Ajak Praja IPDN Asal Dairi Bangun Kampung Halaman

“Tantangan birokrasi kedepan tidaklah ringan dan masih banyak permasalah yang harus diperbaiki. Para praja akan dituntut agar semakin adaptif menghadapi tantangan yang ada,” katanya.

Wapres juga memberikan penghargaan Kartika Astha Brata dan Kartika Abdi Praja untuk 10 lulusan terbaik program sarjana terapan dengan memperoleh Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) rata-rata di atas 3,8.

Mereka adalah Valent Breri Sinuraya (Sumatera Utara), Ni Made Rita Rusitadewi (Bali), Dhimas Widya Saputra (Jawa Barat) Dwiki Bayu Pamungkas (Jawa Tengah) dan Hilmy Rahayu Mahbub Putra (Jawa Timur).

Berikutnya, Alfina Handayani (Jawa Barat), Luthfiatunnisa Herayanti (Jawa Barat), Nurkhumaira Achsani (Sulawesi Barat), Shully Mumpuni Anjani Putri (Jambi) dan Hibatulloh Akbar Novianto (Jawa Tengah).

Baca juga: Wapres Ma’ruf Amin Ajak Umat Muslim Rayakan Iduladha Dalam Kesederhaan dan Berbagi

Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri), John Wempi Wetipo menyampaikan, tahapan wisuda telah dilakukan pada Selasa (25/7/23) lalu. Selanjutnya, semua lulusan akan turun mengabdi di masyarakat melalui pemerintah di daerahnya masing-masing.

Sementara itu, Wapres juga menyerahkan penghargaan Kartika Astha Brata yang merupakan penghargaan tahunan pada Pamong Praja Muda lulusan terbaik IPDN program Sarjana Terapan Ilmu Pemerintahan (D-IV).

Hanya 1 orang lulusan terbaik yang menerima penghargaan itu, yakni Valen Breri Sinuraya asal pendaftaran Sumut, dengan IPK 3.87.(tmp/hm16)

 

Related Articles

Latest Articles