20.5 C
New York
Friday, May 10, 2024

Wujudkan Medan Satu Data, Pemko Medan Gelar FGD Dengan BPS

Medan, MISTAR.ID

Pemko Medan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Medan menggelar Focus Group Discussion FGD guna mewujudkan Medan Satu Data. Kegiatan yang mengangkat tema Kota Medan Dalam Angka 2024, itu digelar di ruang rapat III kantor Wali Kota Medan, Selasa (20/2/24).

Pertemuan ini dihadiri Ketua BPS Kota Medan, Hafsyah Aprillia, Kabid Statistik dan Informasi Publik, Rizka Firdahlia serta beberapa pejabat perwakilan Perangkat Daerah di lingkungan Pemko Medan.

Dalam sambutannya, Sekretaris Dinas Kominfo, M Agha Novrian mengungkapkan, pertemuan ini sangat penting karena pembangunan tanpa data akan sangat sulit dilakukan. Medan dalam angka 2024 merupakan publikasi yang menyajikan beragam jenis data yang diterbitkan BPS Kota Medan.

Baca juga: Banyak Keluhan Masyarakat, Pemko Medan Diminta Tindaklanjuti Hasil Reses DPRD

Publikasi Kota Medan dalam angka 2024, kata Novrian, merupakan bagian desiminasi dari program pemerintah terkait satu data Indonesia. Dinas Kominfo sebagai Wali Data saat ini sedang berbenah untuk membangun data berkualitas dari tahun ke tahun lewat portal data Pemkomedan.go.id dan aplikasi Medan Satu Data.

Ia beharap kebijakan ini menjadi database dari data-data sektoral yang valid dan nantinya dapat dibagi pakaikan.

Menurut Agha, jika Dinas Kominfo sebagai wali data, maka perangkat daerah sebagai produsen data yang dikomandoi Sekretaris dari masing-masing perangkat daerah.

“Dalam setiap memberikan arahan, pak Waki Kota selalu menggunakan data, jadi diharapkan OPD dapat menyempurnakan data-data pada instansi masing-masing untuk kemajuan Kota Medan kedepannya,” ujarnya.

Selain meningkatkan optimalisasi portal data, sambung Agha, Dinas Kominfo juga akan melakukan pembinaan statistik sektoral terhadap perangkat daerah guna meningkatkan kualitas data yang dihasilkan.

Baca juga: Dukung Mandatori Halal, Dewan Minta Pemko Medan Lakukan Sosialisasi secara Masif

“Melalui pertemuan ini kita dapat membantu BPS dalam menginput data-data yang diperlukan guna memperlancar proses publikasi Medan dalam angka 2024. Kita harapkan seluruh perangkat daerah peserta FGD agar dapat lebih konsen terhadap kualitas data yang diberikan,” tutupnya.

Pada kesempatan ini, Ketua BPS Kota Medan, Hafsyah Aprillia mengatakan, BPS mendapat mandat sebagai pembina data statistik guna melakukan pembinaan terhadap penyelenggaraan kegiatan statistik sektoral baik tingkat pusat maupun di daerah.

“Dalam pemenuhan satu data Indonesia dimana salah satunya bahwa data sektoral harus memiliki meta data, maka BPS harus melakukan pembinaan statistik sektoral. Jadi dalam forum satu data Kota Medan, BPS berkolaborasi dengan Bappeda Kota Medan dan Dinas Kominfo Kota Medan berupaya untuk menguatkan kualitas data statistik sektoral yang dihasilkan di lingkungan Pemko Medan,” katanya. (Rahmad/hm17)

Related Articles

Latest Articles