20.5 C
New York
Tuesday, June 25, 2024

Wujud Keberagaman, RSUP Adam Malik Gelar Fashion Show Pakaian Adat dan Lomba Nyanyi Daerah

Medan, MISTAR.ID

Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUP Adam Malik) memperingati Hari Lahir Pancasila dengan menampilkan pakaian adat tradisional di halaman Gedung Administrasi, pada Sabtu (1/6/24).

Peringatan ini diisi dengan upacara bendera, di mana semua petugas upacara tampil mengenakan pakaian adat tradisional. Kemudian, dilanjutkan dengan acara hiburan berupa lomba fashion show pakaian adat dan lomba menyanyi lagu daerah.

“Hari Lahir Pancasila ini merupakan momen pemersatu, mengingatkan kita pada satu ideologi bangsa yang tidak membeda-bedakan suku dan agama, walaupun bangsa Indonesia sangat beragam. Ini harus kita jadikan sebagai momen kebangkitan untuk memperkuat solidaritas, termasuk di RSUP Adam Malik, karena kita juga dari berbagai suku dan agama,” ucap Direktur Utama (Dirut), Zainal Safri di sela-sela kegiatan.

Baca juga::RSUP Adam Malik dan Arab Saudi Kolaborasi Baksos Operasi Jantung

Acara peringatan Hari Lahir Pancasila di RSUP Adam Malik ini diawali dengan upacara pengibaran bendera Merah Putih. Semua petugas upacara bersama jajaran direksi dan manajemen rumah sakit vertikal Kementerian Kesehatan RI ini tampil dengan pakaian adat tradisional berbagai daerah.

Zainal sebagai inspektur upacara (irup) tampak memakai pakaian adat Melayu, sementara Direktur Medik dan Keperawatan, Otman Siregar dengan pakaian adat Mandailing.

Kegiatan dilanjutkan dengan lomba fashion show pakaian adat dan lomba lagu daerah yang diikuti para pegawai RS Adam Malik, termasuk dokter dan perawat yang sedang libur bertugas.

Baca juga:Layanan Jantung RSUP Adam Malik masih Menjadi Program Wisata Medis

Para peserta terlihat memperagakan beragam busana adat di Sumatera Utara (Sumut), seperti Melayu Deli, Mandailing, Pakpak, Karo, Batak Toba, hingga pakaian adat Minang Sumatera Barat (Sumbar).

Begitu pula saat lomba menyanyi, para peserta membawakan berbagai lagu daerah tradisional. Peringatan Hari Lahir Pancasila dengan tema nasional “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. (rahmad/hm16)

 

Related Articles

Latest Articles