15.3 C
New York
Saturday, October 12, 2024

Warga Diimbau Hati-hati, Nomor Mengatasnamakan Pjs Bupati Asahan Dipakai untuk Penipuan

Asahan, MISTAR.ID

Masyarakat Kabupaten Asahan diimbau untuk berhati-hati terhadap upaya penipuan yang mencatut nama Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Asahan, Basarin Yunus Tanjung.
Oknum tidak bertanggung jawab diketahui menggunakan nomor WhatsApp 082241312224 dan mengirimkan pesan singkat kepada beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Modus penipuan ini terungkap ketika pelaku mencoba menghubungi Kasatpol PP melalui pesan yang mengatasnamakan Pjs Bupati Asahan. Dalam tangkapan layar pesan tersebut, pelaku menuliskan kalimat upaya penipuan.

“Assalamu’alaikum, selamat malam Pak Kasat Pol PP, salam hormat kami Pjs Bupati Asahan. Telp balik.”

Plt Kepala Dinas Kominfo Asahan, Arbin Tanjung, dikonfirmasi Sabtu (12/10/24) membenarkan kejadian ini dan mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap aksi serupa. “Baru-baru ini muncul tindakan penipuan yang dilakukan oknum tidak bertanggung jawab, mengatasnamakan Pjs Bupati Asahan, Basarin Yunus Tanjung,” ungkap Arbin Tanjung.

Baca Juga : Basarin Yunus Tanjung Resmi jadi Pjs Bupati Asahan

Ia menjelaskan, pelaku menggunakan foto profil resmi Basarin Yunus Tanjung untuk memperkuat aksinya. “Pelaku memakai nomor 082241312224 dan foto resmi Pjs Bupati Asahan dengan tujuan meyakinkan korban,” jelasnya.

Menurut Arbin, pelaku berupaya meminta pinjaman dana atau menjalankan modus penipuan lainnya kepada para korban. Oleh karena itu, ia mengimbau masyarakat agar tidak mudah tertipu dan tetap waspada terhadap nomor itu.

“Kami menegaskan bahwa nomor tersebut bukanlah milik Pjs Bupati Asahan. Kami juga meminta masyarakat untuk segera melaporkan ke pihak berwenang jika menemukan nomor mencurigakan yang mengatasnamakan pejabat pemerintah,” tutupnya.

Penipuan semacam ini merupakan bentuk kejahatan yang meresahkan masyarakat, dan kerja sama semua pihak sangat diperlukan untuk mengantisipasi terulangnya kasus serupa. (perdana/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles