12.3 C
New York
Sunday, May 12, 2024

Viral! Satpol PP Tertibkan Gepeng Secara Tidak Manusiawi, Netizen Geram

Medan, MISTAR.ID

Sebuah video yang menunjukkan tindakan tidak manusiawi saat penertiban gepeng viral di media sosial (medsos) Instagram. Peristiwa itu disebutkan terjadi di perempatan Jalan Brigjen Katamso-Jalan Letjen Suprapto, persis di sebuah outlet Freto Chicken.

Dalam video berdurasi 1 menit 13 detik yang beredar tersebut, terlihat petugas Satpol PP menarik paksa salah seorang gepeng yang hendak dibawa ke kantor. Kedua tangan dan kakinya diangkat ke atas untuk diangkut ke dalam mobil.

“Angkat angkat,” terdengar narasi di dalam video. Selanjutnya, gepeng tersebut berupaya untuk melakukan perlawanan.

“Salah ku apa, gak mau aku diangkat,” ucapnya.

Baca Juga:DPRD Soroti Banyaknya Gepeng dan Manusia Silver di Medan

Saat hendak diangkut, gepeng tersebut berhasil berdiri kembali dan berupaya berlindung di tembok outlet yang menjual penganan ayam goreng tersebut.

Namun, petugas kembali berupaya untuk membawanya dengan cara menarik tangan gepeng itu.

Sesekali terdengar suara wanita diduga petugas Satpol PP yang ikut dalam penertiban, meminta gepeng itu mengikuti peraturan.

“Gak boleh ngemis di sini,” katanya.

Baca Juga:Gepeng Si Pelaku Pembunuhan Sadis di Siantar Diobservasi ke Rumah Sakit Jiwa

Dengan sisa kuat tenaga, gepeng tersebut kembali berupaya dan menolak untuk diangkut. Namun, banyaknya petugas yang melakukan penertiban, akhirnya si gepeng berhasil diangkut ke dalam mobil yang sudah disediakan.

Sang gepeng diangkut dengan cara dua kaki dan tangannya diangkat ke atas. Postingan yang diunggah, Selasa (5/7/22), tersebut mendapat komentar beragam dari netizen.

“Walah, sampai segitunya ya,” ujar pemilik akun @nong.juee.

“Coba dong gantian petugasnya digituin juga satu-satu. Boleh gak saya nendang bapaknya yang nendang juga,” timpal pemilik akun @anggirmdhni_29.

Baca Juga:Hidup Sendiri, Gepeng Tewas Tergeletak di Lantai Kamar Tidur

Bahkan, ada juga yang menyindir penertiban dilakukan karena Presiden RI hendak datang ke Kota Medan.

“Ketua dari pusat datang ke Medan, barulah pada sibuk. Sebelumnya ya dibiarkan aja. Kayaknya hampir setiap persimpangan lampu merah ada tu gepeng,” kata pemilik akun @surya.rw.

Tindakan yang dilakukan petugas dinilai di luar kemanusiaan. Padahal, mantan Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufrie pernah menyatakan, Pemda harusnya melakukan pendekatan kemanusiaan dalam melaksanakan operasi penertiban gelandangan dan pengemis (Gepeng).(ial/hm10)

 

Related Articles

Latest Articles