18.2 C
New York
Saturday, June 29, 2024

Vaksin Covid-19 Sudah Tersedia di Sumut, Ada yang Gratis dan Berbayar

Medan, MISTAR.ID

Pendistribusian vaksinasi covid-19 telah tersedia kembali di Sumatera Utara (Sumut), Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumut menyebut vaksin tersebut ada yang gratis dan berbayar.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Sumut, Novita Saragih menjelaskan vaksin (imunisasi) terbagi menjadi dua, yaitu vaksin program dan vaksin pilihan/mandiri.

“Untuk imunisasi program tidak dipungut biaya/gratis, sasaran imunisasi program ada 2 yaitu masyarakat yang belum pernah vaksin sama sekali dan masyarakat yang minimal hanya dapat 1 dosis,” ujarnya, Rabu (17/1/24).

Baca juga : Covid-19 Melonjak, Dinkes Sumut akan Buka Vaksinasi Kembali

Novita mengatakan masyarakat yang dimaksud adalah lansia dengan komorbid, dewasa dengan komorbid, petugas kesehatan yang bertugas di garda terdepan, ibu hamil dan penyandang imunocompromize (gangguan sistem imun sedang sampai berat).

“Jadi masyarakat yang tidak termasuk kelompok tersebut mendapatkannya secara mandiri di Fasilitas Layanan Kesehatan (fasyankes) yang menyediakan, kalau di Sumut, yang untuk program sudah ada di Dinkes. Jadi kalo pendistribusian tergantung permintaan Dinkes kab/kota,” jelasnya.

Definisi operasional sasaran imunisasi covid-19 program juga dijelaskan Novita, diketahui pada lansia usia > 60 tahun merupakan seseorang yang telah mencapai > 60 tahun berdasarkan UU nomor 13 tahun 2098 tentang kesejahteraan lansia.

Related Articles

Latest Articles