9.4 C
New York
Saturday, May 11, 2024

USU Terima Hibah Teaching Farm dan Beasiswa dari PT Charoen Pokphand Indonesia

Medan, MISTAR.ID

PT Charoen Pokphand Indonesia (CPI) Tbk selaku perusahaan nasional yang bergerak dalam dunia peternakan khususnya pemeliharaan dan budidaya ayam broiler, memberikan beasiswa dan hibah Teaching Farm kepada Universitas Sumatera Utara (USU).

Teaching Farm merupakan program hibah kandang ayam Closed House dari Charoen Pokphand Foundation Indonesia kepada berbagai perguruan tinggi peternakan di Indonesia. Nota kesepahaman (MoU) ditandatangani Presiden Direktur PT CPI Dr (HC) Tjiu Thomas Effendy dan Rektor USU Dr Muryanto Amin.

Muryanto mengatakan, kerja sama ini adalah salah satu proses riset dan experience yang harus ditaati pengelolanya yaitu mahasiswa dan dosen. Karena dalam pemeliharaan closed house sudah memakai teknologi yang dipahami oleh pihak industri.

Baca Juga:216 Mahasiswa USU Ikuti Program PMM, 10 Mahasiswa Program IISMA

“Kerja sama ini juga mencakup bidang pengembangan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan pengembangan bisnis, maupun bidang-bidang lain yang mungkin akan diperluas pada masa kerja sama selama lima tahun ke depan,” ujarnya, Jumat (26/8/22).

Muryanto mengatakan, dari closed house mahasiswa dan dosen bisa belajar memelihara ternak ayam dengan cara teknologi, serta meriset dengan ilmu-ilmu yang ada.

“Pada era industri ini perlu peran tukar pikiran antara mahasiswa dan dosen ke pihak industri, agar mahasiswa bisa belajar tentang industri dan pihak industri dapat mengetahui kekurangan alat atau ciptaannya dari mahasiswa dan hasil riset akademis,” katanya.

Muryanto berharap yang mendampingi mahasiswa praktik adalah dosen praktisi yang SK mengajarnya dikeluarkan oleh pihak USU. Hal ini dimaksudkan agar hibah teaching farm dapat terawat dan terjaga dengan baik.

Presiden Direktur PT CPI Dr (HC) Tjiu Thomas Effendy menjelaskan, hibah yang dilakukan oleh pihaknya untuk mendukung perkembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia dalam bidang peternakan.

Baca Juga:Dosen USU Nilai Ketegasan Bobby Terhadap Pungli dan Premanisme Jadikan Medan Kondusif

Selain penandatanganan MoU, kata Thomas, PT CPI melalui Charoen Pokphand Foundation Indonesia juga melakukan beberapa penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dan hibah kandang ayam modern tertutup atau biasa disebut dengan (closed house) dengan kapasitas 20.000 ekor.

“Kemudian kita juga melakukan perjanjian kerja sama pengelolaan kandang, serta perjanjian kerja sama dalam pemberian beasiswa kepada 20 mahasiswa USU,” ujarnya.

Thomas menjelaskan, Teaching Farm merupakan program hibah Kandang Ayam Closed House dari Charoen Pokphand Foundation Indonesia kepada berbagai perguruan tinggi peternakan di Indonesia.

Closed house yang akan dibangun di USU ini merupakan pembangunan closed house ke-14, setelah sebelumnya juga sedang dibangun kandang closed house di Universitas Padjadjaran (UNPAD), Bandung.

Thomas mengatakan, pembangunan kandang kepada Fakultas Pertanian USU bertujuan sebagai penunjang peningkatan proses belajar-mengajar, praktikum, magang dan sebagai tempat penelitian bagi dosen dan mahasiswa.

Thomas berharap dengan keberadaan kandang closed house yang dilengkapi dengan fasilitas teknologi yang canggih ini, para mahasiswa dan dosen dari berbagai fakultas bisa memanfaatkannya sebagai sarana dan prasarana belajar untuk melakukan riset inovasi pengetahuan.

Baca Juga:USU Terima 2.711 Mahasiswa Baru Jalur SMM dan 171 Jalur SMM PTN Barat

“Semoga bermanfaat di bidang pemeliharaan dan pengelolaan unggas, sesuai dengan perkembangan tekhnologi ilmu pengetahuan budi daya ayam boiller yang semakin mutakhir,” pesannya.

Selain itu, fasilitas ini diharap bisa menumbuhkan bibit kewirausahaan sosial di kalangan mahasiswa dan menciptakan lulusan yang mampu berkontribusi bagi perekonomian nasional dan mampu membuat inovasi dan membuka lapangan kerja bagi orang banyak.

“Semoga program Teaching Farm ini dapat terus berlangsung dan menjangkau ke seluruh fakultas peternakan di Indonesia,” pungkasnya. (ial/hm12)

Related Articles

Latest Articles