7.5 C
New York
Monday, April 22, 2024

Unimed Tuntaskan Pembangunan Fakultas Kedokteran di 2024

 Medan, MISTAR.ID

Universitas Negeri Medan (Unimed) akan menambah Fakultas Kedokteran dengan 4 program studi pada tahun 2024 mendatang dalam menjajaki pelebaran pendidikan umum.

Kepala Humas Unimed, Surif mengatakan pada mistar.id, kampus yang dikenal dengan latar belakang (background) keguruan itu kini akan terus bertransformasi menambah fakultas dan jurusan umum.

“Sejak terakhir tahun 1999 Institut Keguruan dan Ilmu Kependidikan (IKIP) yang dulunya 100 persen pendidikan keguruan dan tahun 2000 sampai sekarang sudah bertransformasi menjadi universitas. Saat ini kita memiliki 86 program studi dan 50 persen adalah program studi umum,” jelasnya pada mistar.id, Selasa (12/12/23).

Baca juga:Civitas Akademika Unimed Sepakat Membangun Zona Integritas

Menurutnya, saat ini bangunan Fakultas Kedokteran tengah rampung dan ditargetkan tahun 2024 pertengahan atau akhir akan diresmikan.”Untuk bangunannya kita sudah ada, tetapi membangun fakultas dan program studi tentunya kan memiliki syarat-syarat,” tukasnya.

Dalam hal ini, Surif menjelaskan pemenuhan syarat-syarat membangun Fakultas Kedokteran, yaitu harus memiliki bangunan dengan minimal 5 laboratorium, dosen dan Rumah Sakit (RS).

Baca juga:Penuh Hikmat, Unimed Rayakan Natal Oikumene 2023

“Nah jadi saat ini dan tahun depan kita fokus pembangunan laboratorium, karena itu kan menggunakan dana internal sekitar Rp 4-5 miliar. Kita juga sudah memiliki 10 dosen spesialis yang bekerja di berbagai RS di Kota Medan,” jelasnya.

Dia juga mengatakan, Unimed telah menjalin kerja sama dengan RSU Haji Medan sebagai prasarana pendukung berdirinya Fakultas Kedokteran dan telah ada Memorandum of Understanding (MoU),” katanya.

Baca juga:Persiapkan Pimnas Ke-37, Unimed Gelar Workshop Penyusunan Proposal PKM

Kemudian Surif menyebutkan, program studi yang akan ada di Fakultas Kedokteran tersebut.

“Ada jurusan Ilmu Pendidikan Dokter, Apoteker, Gizi dan satu lagi saya agak lupa, spesialis kalau gak salah. Untuk gizi kita sudah ada dan nanti akan dipindah,” tutupnya. (dinda/hm16)

Related Articles

Latest Articles