12.7 C
New York
Monday, May 13, 2024

UMSU Giatkan Program Penelitian dan Pengabdian Masyarakat bagi Dosen

Medan, MISTAR.ID

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) kembali menggiatkan program penelitian dan pengabdian masyarakat bagi dosen internal. Untuk program tersebut UMSU mengucurkan Rp 1,9 miliar lebih.

Penyerahan dana penelitian dan pengabdian masyarakat untuk 165 proposal yang lolos seleksi ditandai dengan penandatanganan kontrak yang dilaksanakan di Aula Kampus Jalan Kapten Mukhtar Basri, Sabtu (9/4/22).

Penandatanganan kontrak penelitian dan pengabdian masyarakat Tahun 2021/2022 dilakukan secara simbolis oleh Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Syaiful Amri Saragih Msc dan perwakilan dosen penerima hibah, Muhammad Yani MT.

Baca juga:UMSU Salurkan Rp3,7 Miliar Insentif Publikasi Ilmiah

Wakil Rektor I UMSU Prof Muhammad Arifin mengungkapkan, penyerahan dana penelitian ini hendaknya bisa memotivasi dalam menghasilkan karya akademik.

“Program penelitian dan pengabdian masyarakat ini penting bukan untuk individu dosen, tapi juga bisa menambah poin universitas,” ujarnya.

Dia menyambut gembira, kecenderungan meningkatnya jumlah proposal penelitian yang diajukan dosen. Data yang disampaikan Lembaga Penelitian jumlah proposal yang masuk mencapai lebih 500 dan 165 yang dinilai layak untuk dilanjutkan penelitian.

“Penelitian dosen punya nilai lebih terutama untuk pembelajaran mahasiswa. Paling tidak, ada sesuatu yang baru untuk disampaikan sebagai pembelajaran,” sebutnya.

Baca juga:Rektor UMSU Lepas 370 Mahasiswa Peserta Klinis Hukum dan Peradilan Semu

Sementara itu, Ketua LPPM UMSU Syaiful Amri Saragih MSc menjelaskan, untuk tahun ini proposal penelitian dosen internal telah mengikuti format Dikti dan sistem penilaian blind review.

LPPM juga meningkatkan target luaran berupa publikasi di jurnal scopus dan sinta. Untuk itu, pihak universitas menaikkan pagu setiap skim penelitian menjadi antara Rp7juta s/d Rp25 juta. (ial/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles