32.1 C
New York
Thursday, July 18, 2024

Lagi! Pemkab Humbahas dan USU Diskusi Kerja Sama Tridharma Perguruan Tinggi

Humbahas, MISTAR.ID

Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Pemkab Humbahas) dengan  Universitas Sumatera Utara(USU) kembali berdiskusi terkait penawaran kerja sama Tridharma Perguruan Tinggi dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat serta konsultasi penataan ruang dan arsitektur.

Kepala Bappelitbangda Pahala Lumbangaol, mengatakan diskusi penawaran kerjasama, pada Rabu (8/5/24) yang digelar melalui zoom tersebut disambut baik oleh Pemkab Humbahas.

Dijelaskan, sebelumnya Pemkab Humbahas dengan USU sudah ada menjalin kerja sama. Namun jangka waktunya sudah lewat, sehingga perlu diperpanjang kembali.

Dijelaskan lagi, selain pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat juga sangat penting dilakukan kerja sama di bidang kepariwisataan. Mengingat Kabupaten Humbang Hasundutan banyak potensi pariwisatanya.

Baca juga: Pemkab Humbahas Terima Penghargaan Anugerah Adipura Kedua

Menurutnya, salah satunya Danau Toba yang merupakan destinasi wisata yang memadukan antara keindahan alam serta keunikan tradisi budaya ada di Kabupaten Humbahas. Danau Toba masuk sebagai satu dari lima Destinasi Super Prioritas (DSP) oleh Kemenparekraf. Termasuk pengembangan wisata alam Seribu Gua Banuarea Pakkat.

Sementara Dr Wahyuni Zahrah menjelaskan bahwa saat ini sudah ada program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). MBKM adalah program yang dicanangkan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja.

“Jadi mahasiswa sudah belajar di luar kampus yang lebih dikenal dengan merdeka belajar,” ujarnya.

Adapun dalam pertemuan ini turut dihadiri Kadis PKP Anggiat Simanullang, Kadis Kominfo Batara Franz Siregar, Kabag Tata Pemerintahan Budi Simamora dan perwakilan dinas terkait.

Sedangkan dari USU,  Ketua Departemen Arsitektur Fakultas Teknik Dr Wahyuni Zahrah, Guru Besar Arsitektur USU Prof Nurlisa Ginting,  Dr Achmad Delianur Nasution termasuk Dr Anthoni Veery Mardianta. (mian/hm17)

Related Articles

Latest Articles