9.6 C
New York
Sunday, May 5, 2024

Tingkatkan Produktivitas Padi, Teknologi SIMURP Akan Diterapkan Secara Mandiri di Sumut

Medan, MISTAR.ID

Salah satu upaya meningkatkan produktivitas padi dengan menerapkan pertanaman ramah lingkungan melalui teknologi Strategic Irrigation Modernization and Urgent Rehabilitation Project (SIMURP) akan diterapkan secara mandiri di Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Dikatakan Sekretaris Dinas, Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura (Ketapang TPH) Sumut, Lusyantini, program ini sebelumnya sukses meraih predikat Terbaik I Pencapaian Realisasi Semester I Tahun Anggaran 2023 dari Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Kementerian Pertanian (Kementan).

“Kita menyatakan kesiapan untuk melanjutkan kembali program ini secara mandiri di tahun 2024. Program SIMURP ini dilaksanakan di Kabupaten Deli Serdang dan Serdang Bedagai dan telah memberikan manfaat nyata bagi petani dan penyuluh setempat. Meskipun secara anggaran berakhir di Desember 2023, tapi pelaksanaan di Lapangan sampai Juni 2024 karena pertanaman padi berakhir pada Maret 2024,” katanya, Jumat (11/8/23).

Baca juga : Antisipasi El Nino, Dinas TPH Sumut Distribusikan Bantuan Benih Padi

Dijabarkannya, program SIMURP merupakan salah satu upaya meningkatkan produktivitas padi dengan menerapkan pertanaman ramah lingkungan.

Selain itu, sumber daya petani semakin meningkat dengan berbagai pelatihan yang dilaksanakan, termasuk diajarkan teknologi Pertanian Cerdas Iklim (Climate Smart Agriculture, CSA).

Related Articles

Latest Articles