17.4 C
New York
Saturday, May 18, 2024

Tiga PDP Covid-19 Di RS Martha Friska Meninggal Dunia

Medan,MISTAR.ID

Hingga dini hari tadi, Jumat (10/4/20), sudah 3 pasien dalam pengawasan (PDP) yang dirawat di Rumah Sakit Martha Friska Multatuli meninggal dunia.

Hal itu dikatakan Koordinator Medis dan Paramedis Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumatera Utara, dr Restuti Hidayani Saragih dalam keterangan resminya di YouTube Humas Sumut, Jumat (10/4/20).

“Sampai dengan dini hari tadi pasien yang meninggal dunia di RS Martha Friska sebanyak 3 orang. Proses perawatan tidak lama, hanya beberapa jam sampai dengan 1 hari. Kondisi PDP berat, bahkan bisa saya katakan sangat berat. Dengan berbagai keadaan yang menuju kepada gagal nafas,” katanya.

Ia menjelaskan, proses pemakaman 3 jenazah PDP juga telah dilakukan dengan baik. Pemulasaran jenazah dan pemakaman dilakukan dengan standar WHO.

“Pemulasaran jenazah sampai dengan pemakaman tidak boleh lebih dari waktu 4 jam dan ditangani oleh dokter spesialis forensik beserta tenaga pendukung pemulasaran,”katanya.

Menurutnya, jumlah pasien yang dirawat inap di Rumah Sakit Martha Friska sampai hari ini berjumlah 10 orang. Sementara rumah sakit itu memiliki 110 kamar.

“Untuk pasien yang telah dilakukan rapid test sesuai dengan hari paparannya lebih kurang 7 hari adalah 7 orang dengan hasil rapid test positif,” ujarnya.

Restuti menambahkan, kondisi tenaga medis yang menangani pasien terkait Covid-19 pada fase awal sama seperti pasien, secara jujur ada fase adaptasi. Karena bukan hanya pasien yang dilakukan karantina, namun tenaga medis dan para medis harus berpisah dari keluarganya saat menunaikan tugas.

Penulis : Edrin
Editor : Mahadi

Related Articles

Latest Articles