6.9 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Tertarik Program Sakasanwira, TP PKK Kota Tangerang Selatan Kunker ke Medan

Medan, MISTAR.ID

Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Medan menerima kunjungan kerja dari pengurus TP PKK Kota Tangerang Selatan terkait dengan studi komparatif tentang program inovasi Satu Kelurahan Satu Sentra Kewirausahaan (Sakasanwira) di Kota Medan yang digagas oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution.

Rombongan pengurus TP PKK Kota Tangerang Selatan yang dipimpin oleh Ketua TP PKK Tangerang Selatan Hj Tini Indrayanthi Benyamin Davnie disambut Wali Kota Medan Bobby Nasution diwakili Asisten Pemerintahan dan Sosial Setda Kota Medan M Sofyan dan Ketua TP PKK Kota Medan Ny Kahiyang Ayu di Gedung PKK Kota Medan Jalan Rotan, Kecamatan Medan Petisah, Rabu (7/12/22).

Mengawali pertemuan kunjungan kerja ini, Asisten Pemerintahan dan Sosial Setda Kota Medan M Sofyan mengucapkan selamat datang di Kota Medan kepada seluruh rombongan pengurus TP PKK Kota Tangerang Selatan.

Baca juga: TP PKK Kota Medan Gelar Pelatihan Pemasaran Online Bagi Pelaku UMKM

Sofyan juga memperkenalkan Kota Medan kepada para rombongan yang hadir, dimana Kota Medan terdiri dari 21 Kecamatan, 151 Kelurahan dan 2001 lingkungan. Dalam mewujudkan visi menjadikan Kota Medan yang berkah, maju dan kondusif, Pemko Medan memiliki misi yaitu Medan Berkah, Medan Maju, Medan Bersih, Medan Membangun, Medan Kondusif, Medan Inovatif dan Medan Beridentitas.

“Pemko Medan dipimpin Wali Kota Medan Bobby Nasution memiliki lima program yang difokuskan untuk dilaksanakan saat ini yaitu pada bidang kesehatan, infrastruktur, penanganan banjir, kesehatan dan juga pembenahan kawasan heritage yang dikolaborasikan dengan pemberdayaan UMKM,” jelas M Sofyan.

Terkait dengan pemberdayaan UMKM, Sofyan mengatakan, TP PKK Kota dan Dekranasda sebagai mitra dari Pemko Medan terus memberikan perhatian lebih terhadap pemberdayaan perempuan melalui program UMKM. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memberdayakan istri-istri nelayan dan penarik becak dalam pembuatan hingga promosi produk UMKM.

“Dengan peran serta dari PKK dan Dekranasda Kota Medan tersebut, saya yakin pelaku UMKM lokal dapat berkembang dan naik kelas,” kata Sofyan.

Sofyan mengungkapkan, Pemko Medan juga bekerjasama dengan mini market agar mau menampung produk lokal UMKM Kota Medan. Selain itu pelaku UMKM juga didorong untuk berani memasarkan produknya di e-katalok dan e-commerce. “Kami tidak hanya sekedar melakukan pembinaan saja, melainkan juga membenahi fasilitas pemasaran bagi pelaku UMKM Kota Medan,” ungkapnya.

Baca juga: Dinas Koperasi Promosikan Produk Unggulan UMKM Kota Medan di APEKSI Padang

Yang tidak kalah penting, lanjut Sofyan, Pemko Medan juga mendorong terbentuknya central-central UMKM di setiap Kelurahan atau yang lebih dikenal dengan program Satu Kelurahan Satu Sentra Kewirausahaan (Sakasanwira). “Melalui program ini diharapkan dapat membantu perekonomian bagi para pelaku UMKM sehingga lebih berkembang,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Tangerang Selatan Hj Tini Indrayanthi Benyamin Davnie menyampaikan bahwa kunjungan kerja ini untuk mempelajari bagaimana membentuk Sakasanwira seperti yang ada di Kota Medan sehingga dapat diterapkan di Kota Tangerang Selatan. “Kami ingin belajar dan mengetahui bagaimana kami dapat membentuk Sakasanwira di tempat kami, itulah mengapa kami datang ke Kota Medan,” ungkapnya.

Hj Tini Indrayanthi Benyamin Davnie juga menyampaikan program inovasi yang telah dibuat TP PKK Kota Tangerang Selatan, diantaranya Kampung PKK yang menghubungkan antara program Dinas dan TP PKK.

“Kami juga membentuk PKK Mart sebagai pusat oleh-oleh Tangerang Selatan, membina anak-anak berkebutuhan khusus dan kami juga berhasil menyatukan anggrek yang menjadi icon dari Kota Tangerang Selatan,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Ketua TP PKK Kota Medan Ny Kahiyang Ayu Bobby Afif Nasution diwakili Ketua I Bidang Pembinaan Karakter Keluarga Ny Ismiralda Wiriya Al Rahman mengatakan, kegiatan PKK yang dilakukan di Kota Medan sesuai dengan hasil rakernas dan program kerja PKK Kota Medan yang dijabarkan kedalam 10 program pokok PKK.

“Kami telah menjalankan 10 program pokok PKK dan telah meraih prestasi di tingkat Provinsi,” kata Ismiralda Wiriya Alrahman.

Baca juga: Menkop UKM Tinjau TPI dan Pembangunan SPBUN di Pantai Labu

Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, TP PKK Kota Medan juga telah melakukan pembinaan terhadap pelaku UMKM di Kota Medan melalui program UP2K PKK yang bekerjasama dengan OPD terkait di lingkungan Pemko Medan dan Dekranasda kota Medan.

“Bentuk nyata saat ini adalah dengan membantu pemasaran bagi pelaku-pelaku UMKM, menyediakan gerai UMKM di tiap-tiap Kecamatan guna mendukung program Wali Kota Medan yaitu program Sakasanwira,” pungkasnya. (rahmad/hm09)

Related Articles

Latest Articles