26 C
New York
Thursday, May 9, 2024

Terkait Larangan Mudik, Perusahaan Bus Patuhi Aturan Pemerintah

Medan, MISTAR.ID

Meski larangan mudik berdampak pada pertumbuhan ekonomi, namun perusahan Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) PT RAPI mengaku akan menjalankan aturan yang sudah ditetapkan pemerintah.

“Kalau memang begitu aturannya, tidak mungkin kita melawan. Kita pasti mematuhinya,” ujar mandor (pengawas) Bus PT RAPI S Simarmata ditemui di loket keberangkatan, Selasa (30/3/21) siang.

Ia menjelaskan, jauh sebelum aturan larangan mudik dikeluarkan, pihak perusahaan juga selalu mengutamakan kesehatan penumpang dan karyawan di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Hal itu dibuktikan dengan disediakannya tempat-tempat cuci tangan, mewajibkan orang-orang yang beraktivitas di loket untuk selalu menggunakan masker dan menyediakan hand sanitizer.

Baca Juga:Larangan Mudik Lebaran, Ratusan Tiket Tujuan Medan Dibatalkan 

“Kita juga selalu menyemprot bagian dalam bus yang hendak berangkat dan tiba, sebagai bagian membantu pemerintah dalam menekan penyebaran Covid-19,” sebutnya.

Simarmata mengaku, untuk saat ini belum terjadi lonjakan penumpang baik yang hendak berangkat dari Medan maupun yang tiba dari daerah. Dia memprediksi, membludaknya penumpang akan terjadi di awal-awal pekan Ramadhan. “Kalau saat ini penumpang belum ada yang membatalkan tiket perjalanan karena adanya larangan itu,” katanya.

Yang pasti, kata Simarmata, perusahaan bus yang menyediakan rute tujuan Pekanbaru, Dumai, Jambi dan Palembang itu akan mengacu kepada aturan yang dikeluarkan pemerintah. “Saat ini kita belum menerima surat edaran. Intinya gak mungkin kita melawan aturan yang dikeluarkan pemerintah, apalagi kalau kita sudah menerima surat edaran,” tegasnya.

Baca Juga:Sah! Mudik Lebaran 2021 Dilarang

Sekadar informasi, peraturan mudik 2021 dibuat setelah pemerintah resmi melarang seluruh warga Indonesia mudik saat Lebaran nanti. Larangan ini tidak hanya berlaku untuk ASN tetapi juga karyawan BUMN dan swasta. Pemerintah mengambil langkah tersebut agar upaya vaksinasi yang sedang dijalankan saat ini menghasilkan kondisi kesehatan yang maksimal sesuai dengan yang diharapkan. (ial/hm12)

Related Articles

Latest Articles