22.1 C
New York
Thursday, July 4, 2024

Tahun 2024 Pemko Medan Salurkan Pendidikan Gratis Kepada 1.350 Anak

Medan, MISTAR.ID

Pada tahun 2024, Pemko Medan melalui Dinas Pendidikan Kebudayaan (Disdikbud) akan memberikan pendidikan gratis kepada 1.350 orang anak putus sekolah. Jumlah itu dibagi untuk tingkat SD dan SMP.

Kadisdikbud Medan, Benny Sinomba Siregar mengatakan, pendidikan gratis itu bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan serta membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) unggul untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045.

“Selain pendidikan gratis, kita juga akan memberi bantuan sebesar Rp1,5 juta per orang dalam satu tahun,” ucap Kadisdikbud Medan, Benny Sinomba Siregar, Selasa (5/12/23).

Baca juga: Mahasiswa Tuntut Biaya Pendidikan Gratis Selama Pandemi

Pada tahun 2024 , Pemko Medan juga akan merealisasikan pemberian bantuan insentif kepada operator di swasta sebesar Rp500 ribu setiap bulan untuk 850 orang.

“Insentif guru honor yang sebelumnya Rp250 ribu juga akan naik menjadi Rp400 ribu di tahun 2024. Sampai saat ini yang baru terealisasi masih pembayaran BPJS Tenaga Kerja untuk guru honorer sebanyak 944 orang dengan manfaat jaminan kecelakaan dan jamiman kematian kerja,” katanya.

Ketua Komisi II DPRD Medan, Sudari mengapresiasi program yang diluncurkan Disdikbud Kota Medan. Menurutnya, program ini sangat bagus, sehingga kedepannya tidak akan ada lagi anak yang putus sekolah dan itu selaras dengan apa yang diinginkan Presiden Joko Widodo, yakni Indonesia Emas 2045.

“Untuk menyongsong Indonesia Emas 2045, segalanya harus dipersiapkan. Mulai dari pendidikan hingga SDM nya. Kami (Komisi II) sebagai counterpart Disdikbud mendukung sepenuhnya kebijakan tersebut,” pungkasnya. (Rahmad/hm17)

Related Articles

Latest Articles