27 C
New York
Wednesday, July 24, 2024

Sumut 2025, Prioritaskan Empat Aspek Pembangunan Menuju Kesejahteraan dan Keunggulan

Medan, MISTAR.ID

Penjabat (Pj) Gubernur Sumut, Hassanudin, menyampaikan empat aspek pembangunan prioritas untuk 2025 dalam Pembukaan Musrenbang RKPD Provinsi Sumut.

Keempat aspek tersebut menjadi landasan untuk mewujudkan Sumut yang unggul, maju, dan berkelanjutan.

Dalam acara yang dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri Restuardy Daud dan Deputi Bidang Pengembangan Regional Kementerian Bappenas Tri Dewi Virgiyanti, Hassanudin menyebut keempat aspek tersebut sebagai berikut:

Baca juga : Tumbuhkan Ekonomi, Pj Gubernur Sumut Perkuat Hilirisasi dan Kewirausahaan

Pertama, peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Upaya ini mencakup perbaikan pada sektor pendidikan, kesehatan, pengurangan tingkat kemiskinan, peningkatan kesetaraan gender, iklim demokrasi, dan ketahanan bencana. Diharapkan terlaksana melalui empat belas kegiatan strategis daerah.

Kedua, peningkatan pertumbuhan ekonomi yang Inklusif. Fokus pada penanganan pengangguran, pertumbuhan UMKM, produktivitas pertanian, kesejahteraan petani, serta pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif. Dijalankan melalui dua belas kegiatan strategis daerah.

Ketiga, peningkatan kualitas pembangunan Infrastruktur Berkelanjutan. Mengatasi kesenjangan wilayah, pemenuhan layanan infrastruktur permukiman, ketahanan pangan dan pertanian berkelanjutan, peningkatan kualitas lingkungan hidup, dan layanan sistem transportasi. Diharapkan terwujud melalui dua belas kegiatan strategis daerah.

Related Articles

Latest Articles