23.4 C
New York
Sunday, August 4, 2024

Soal Kemungkinan Poros Keempat Capres, Pengamat: Tergantung Keberanian Elit Partai

Medan, MISTAR.ID

Kemungkinan munculnya poros keempat usai hengkangnya Partai Demokrat dari Koalisi Perubahan yang mengusung Bacapres Anies Baswedan kian mencuat.

Pasalnya, Partai yang dipimpin Agus Harimurti Yudhoyono tersebut hingga kini masih belum menentukan bergabung ke koalisi untuk menatap Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Pengamat Politik, Shohibul Anshor Siregar berpendapat perlu keberanian dari pimpinan partai untuk membentuk poros baru dalam menyongsong pesta demokrasi tersebut.

Baca juga : Anies-Cak Imin Resmi Deklarasikan Diri Pasangan Capres-Cawapres Pemilu 2024

“Wacana poros keempat jelang Pilpres 2024 memang terasa terus mengemuka belakangan ini. Tetapi saya kira itu akan sangat tergantung pada keberanian elit partai-partai untuk menyeberang keluar dari arahan visible hand (intervensi pemerintah) yang terus menerus bercawe-cawe,” ujarnya kepada Mistar.id, Rabu (5/9/23).

Menurut Shohibul, pemerintahan saat ini tidak sekadar gambaran keutuhan sebuah koalisi pemerintahan, tetapi lebih dari itu adalah penyatuan kekuatan-kekuatan politik berdasarkan catatan cacat-cela hukum para Ketua Umum partai politiknya yang potensil menjadi kasus pidana, khususnya korupsi.

Related Articles

Latest Articles