21.4 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

Siaga! Curah Hujan di Medan dan Deli Serdang Masih Tinggi

Medan, MISTAR.ID

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan kembali mengingatkan curah hujan masih tinggi dalam beberapa hari ke depan di wilayah Medan dan Deli Serdang.

“Hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang masih akan terus berlangsung selama beberapa hari ke depan,” ujar Kepala BMKG wilayah I Medan Darmawan, Selasa (1/3/22).

Darmawan menuturkan, berdasarkan pola angin gradien menunjukkan adanya gangguan cuaca berupa daerah tekanan rendah (low) di wilayah Samudera Hindia Barat Aceh.

Baca juga:BMKG Prakirakan Hujan Deras Landa Sebagian Besar Wilayah Indonesia

“Sehingga mengakibatkan belokan angin dan daerah pertemuan angin (konvergensi) di wilayah lereng timur dan pegunungan Sumatera Utara. Hal inilah memicu pertumbuhan awan-awan hujan di wilayah Sumut dan sekitarnya,” katanya.

Bila dilihat dari kondisi kelembaban udara pada lapisan 850, 700 dan 500 mb yang bernilai lebih besar dari 80 % dan kondisi udara yang cukup labil, hal ini mendukung terbentuknya awan-awan hujan yang dapat disertai angin kencang di wilayah Sumut.

“Selain itu, suhu permukaan laut (SPL) di Perairan Barat Sumatera dan Selat Malaka yaitu berkisar antara 29-31°C, mengindikasikan adanya asupan uap air yang cukup tinggi di wilayah perairan tersebut khususnya Samudera Hindia Barat Sumut yang mendukung pertumbuhan awan-awan hujan,” sebutnya.

Berdasarkan analisis di atas, kata Darmawan, wilayah Sumut dalam 3 hari ke depan berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang dengan durasi yang lama dan cakupan wilayah yang luas.

Baca juga:BMKG: Waspada Bencana Dampak Typhoon Rai di Sumut

“Kondisi itu mengakibatkan terjadinya bencana hidrometeorologi (banjir bandang, longsor, angin kencang dan gelombang tinggi),” jelasnya.

Menyikapi kondisi ini, Darmawan berpesan kepada para pemangku kepentingan dan seluruh komponen masyarakat dapat meningkatkan kesiapsiagaan terjadinya bencana hidrometeorologi di wilayah Sumatera Utara pada tanggal 01-03 Maret 2022. (ial/hm-06)

 

Related Articles

Latest Articles