16.6 C
New York
Thursday, May 9, 2024

Selama 2023, RSUP H Adam Malik Tangani 781 Pasien TBC

Medan, MISTAR.ID

Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik (HAM) mencatat jumlah pasien yang terjangkit Tuberkulosis (TBC) selama 2023. Terdata 298 kunjungan rawat inap dan 483 kunjungan rawat jalan.

Kasubbag Humas RSUP H Adam Malik Medan, Rosario Dorothy Simanjuntak mengatakan RS terus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Sumut guna melakukan pencegahan kepada masyarakat lainnya, agar tidak terjangkit.

“Koordinasi dengan Dinkes tetap dilaksanakan program RS terkait promosi kesehatan RS juga tetap dilakukan dlm bentuk penyuluhan ke pasien. Kita juga pernah buat talkshow di media sosial yang mengangkat masalah TB,” ujarnya pada mistar, Selasa (9/1/24).

Baca juga : 4 Pasien Positif Covid-19 dan 1 Suspek Dirawat RSUP Adam Malik

Rosa mengatakan penyuluhan ini dilakukan di Gedung rawat jalan tempat pasien menunggu obat.

“Penyuluhan ke pasien, biasanya di gedung rawat jalan di tempat pasien menunggu obat, disitu dibuat penyuluhannya, narasumbernya dokter, yang menjelaskan tentang TB, pencegahan dan penanganannya,” jelasnya.

Baca juga : Layanan Jantung RSUP Adam Malik masih Menjadi Program Wisata Medis

Sementara itu, Rosa mengatakan RS akan selalu siap, baik dari sarana maupun prasarana serta Sumber Daya Manusia (SDM).

“Kita punya poli khusus untuk TB yang terpisah dari poli-poli lain. SDM yang melayani juga sudah terlatih, termasuk dokter spesialis dan perawat,” tandasnya. (dinda/hm18)

Related Articles

Latest Articles