20.8 C
New York
Saturday, May 18, 2024

Satu Bulan, Dukcapil Sumut Buka Pelayanan KTP Digital di PRSU

Medan, MISTAR.ID

Guna mempercepat program pemerintah, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Kependudukan dan Catatan Sipil membuka pelayanan KTP digital selama 1 bulan, mulai tanggal 16 Juni sampai 17 Juli 2023 di Arena PRSU, Jalan Gatot Subroto, Medan.

“Antusias masyarakat di hari pertama ini cukup tinggi. Pelayanan ini kami buat sebagai dukungan kami kepada Gubernur Sumut Edy Rahmayadi untuk mensukseskan program Kementerian Dalam Negeri di Pemprov Sumut dan juga kabupaten/kota se-Sumut,” kata Kepala Dinas PMD, Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Sumut Parlindungan Pane Sabtu (17/6/23).

Parlindungan menyebut, KTP elektronik dilakukan karena Dukcapil Kementerian Dalam Negeri tidak lagi menambah persediaan blangko KTP.

Baca juga; Disdukcapil Deli Serdang Musnahkan KTP Rusak

“KTP elektronik (KTP-el) akan diganti menggunakan digital atau Identitas Kependudukan Digital (IKD) atau yang disebut KTP digital. Caranya cukup mendownload aplikasi IKD oleh Kemendagri melalui Playstore. Adapun yang perlu dipersiapkan ponsel dengan akses internet, Nomor Induk Kependudukan (NIK), Alamat e-mail aktif, Nomor ponsel aktif,” sebutnya.

Setelah itu, jelas Parlindungan, Lakukan verifikasi wajah dengan pilih tombol ambil foto untuk melakukan pemadanan Face Recognation. Selanjutnya scan OR Code yang dapat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Baca juga; Enam Bulan Berkas Pindah Anak Belum Siap di Disdukcapil Deli Serdang, Warga Tarik Berkas

“Setelah berhasil, cek e-mail yang didaftarkan kode aktivasi dan melakukan aktivasi IKD. Masukkan kode aktivasi dan captcha untuk aktivasi IKD dan aktivasi IKD telah selesai,” jelasnya.

Sebagai catatan, penduduk yang ingin mengaktivasi KTP digital bisa dilakukan di Kantor Dukcapil atau di Kantor Kecamatan sesuai domisili. Pendaftaran aplikasi IKD, perlu didampingi petugas Dukcapil karena pendaftaran itu memerlukan verifikasi dan validasi yang ketat dengan teknologi face recognation. (rahmad/hm17)

Related Articles

Latest Articles