17 C
New York
Thursday, May 16, 2024

Sampah Masalah Dunia, Nawal Lubis: Sumut Jadi Percontohan Pengelolaan Sampah Plastik

Medan, MISTAR.

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Sumatera Utara, Nawal Lubis mendukung Provinsi Sumut menjadi proyek percontohan pengelolaan sampah plastik. Hal itu dikatakannya saat hadir dalam pelantikan Badan Pengurus Daerah (BPD) Ikatan Pemulung Indonesia (IPI).

“Diharapkan kegiatan ini bisa mengurangi jumlah tumpukan sampah,” ucapnya di Aula Kantor Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK), Jalan Sisingamangaraja Medan, Sabtu (2/9/2023).

Kasus sampah yang berserakan, kata Nawal, adalah penyakit yang berbahaya dan pencemaran lingkungan. Menurutnya, persoalan sampah bukan hanya menjadi perhatian di Sumut, tapi persoalan seluruh dunia.

Baca juga: Pemko Medan Terus Perbaiki Sistem Pengelolaan Sampah

“Bahkan berbagai cara dilakukan untuk mengurangi pencemaran akibat sampah, mulai dari teknik tradisional hingga cara modern telah dilakukan,” ujarnya.

Dia berharap, kehadiran IPI Sumut melalui keahlian para pemulung dalam proses penerapan program 5R, Reduce, Reuse, Recycle, Replace dan Replant, terkait limbah rumah tangga tersebut bisa membantu menyelamatkan bumi.

Ia juga berpesan kepada para pemulung untuk tetap menerapkan pola hidup bersih dengan tetap memperhatikan tata cara pengelolaan sampah.

Baca juga: Pemko Medan Gelar Pelatihan Pengelolaan Sampah Rumah Tangga

“Kalian memiliki peran penting menyelamatkan lingkungan. Jadilah pemulung profesional yang sejahtera, semoga sukses dan tetap sehat,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua IPI Sumut Risdianto, mengatakan ke depannya bagaimana mensejahterakan mereka yang peduli dengan lingkungan bersih dan sehat, dengan melakukan berbagai kolaborasi dengan semua pihak.

“Kita saat ini telah melakukan kerja sama dengan pihak bank dan pegadaian melalui KUR, biar mereka mandiri dan hasil dari mulung tidak dimonopoli lagi pihak pengepul, sehingga rezeki mereka lebih baik lagi,” ucapnya. (jonatan/hm17)

Related Articles

Latest Articles