28.3 C
New York
Sunday, June 23, 2024

RSUP HAM Siap Sukseskan F1 Powerboat Danau Toba dengan Dukungan Medis

Medan, MISTAR.ID
Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUP HAM) siap ikut menyukseskan penyelenggaraan even internasional F1 Powerboat di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara pada 24-26 Februari 2023.

Rumah sakit vertikal Kementerian Kesehatan RI itu dipercaya untuk membantu penanganan medis selama kegiatan F1 Powerboat pertama di Indonesia tersebut.

“RSUP HAM bertugas untuk memberikan dukungan medis bersama tim gabungan dari Kemenkes RI selama pelaksanaan F1 Powerboat di Danau Toba nanti. Kami sudah menyiapkan tim, baik yang bertugas langsung di lokasi kegiatan maupun yang akan memberikan pelayanan rujukan di rumah sakit,” kata Sub Koordinator Hukum, Organisasi dan Humas RSUP HAM Rosario Dorothy Simanjuntak dalam keterangannya, Selasa (21/2/23).

Tim Kesehatan RSUP HAM dalam even F1 Powerboat di Danau Toba ini diketuai Dr dr Kamal Basri Siregar MKed(Surg) SpB(K)Onk FICS. Tim kesehatan tersebut terbagi atas Tim Trauma Center dan Tim ICU VVIP yang bertugas di lokasi kegiatan, serta Tim Penerima Rujukan di RSUP HAM.

Tim ini terdiri atas dokter spesialis, dokter umum, perawat, petugas farmasi, radiografer, teknisi alat medis, dan staf pendukung.

Baca Juga:Hari Kanker Anak Sedunia, RSUP HAM Medan Lakukan Penyuluhan Kesehatan

Manajemen RSUP HAM sendiri menugaskan dokter ahli yang terdiri atas 8 spesialisasi. Yaitu, dokter spesialis anastesi, spesialis bedah umum, spesialis ortopedi, spesialis bedah syaraf, spesialis bedah thoraks dan kardivaskular, spesialis penyakit dalam, spesialis jantung dan pembuluh darah, serta spesialis radiologi.

Selain mengirim petugas medis, rumah sakit Tipe A ini juga memberangkatkan ambulans khusus untuk pelayanan medis bagi tamu VVIP, termasuk Presiden RI dan keluarga selama acara berlangsung.

Ambulans VVIP ini sendiri dilengkapi dengan instalasi mini ICU (Intensive Care Unit) yang dioperasikan oleh dokter spesialis dan perawat ahli.

Baca Juga:RSUP HAM Raih Akreditasi Institusi Penyelenggara Pelatihan Bidang Kesehatan

Sebelumnya, diketahui bahwa panitia daerah F1 Powerboat Danau Toba sudah menyiapkan lokasi Trauma Center yang diisi sebanyak 70 tim dokter spesialis gabungan dari Kemenkes RI dan RSUP HAM.

Selain itu, juga telah disiagakan lokasi Instalasi Gawat Darurat (IGD), mobil operasi lapangan, ambulans, dan helikopter untuk membantu penanganan medis.

Jika ada atlet peserta F1 Powerboat Danau Toba yang mengalami kecelakaan, maka akan langsung dilakukan evakuasi ke lokasi Trauma Center.

Kemudian, apabila diperlukan penanganan lebih lanjut, maka akan dirujuk menggunakan helikopter ke RSUP HAM di Medan. Selanjutnya, Tim Penerima Rujukan RSUP HAM akan memberikan pelayanan lanjutan untuk penanganan medis pasien tersebut.(anita/hm10)

Related Articles

Latest Articles