11.5 C
New York
Thursday, May 2, 2024

RS Colombia Medan Dirikan Tenda Periksa Covid-19

Medan, MISTAR.ID

Rumah Sakit (RS) Colombia Jalan Listrik Medan mendirikan tenda yang fungsinya untuk ruang periksa atau screening Covid-19 bagi masyarakat umum, Senin (26/7/21).

“Memang sengaja kita bangun, ada 5 tenda yang fungsinya berbeda-beda,” sebut Direktur Prof dr Sutomo Kasiman SpPd SpJP (K) pada, Senin (26/7/21) malam.

Fungsi tenda itu, sebut dia, diantaranya pemeriksaan secara drive thru, konsultasi kasus Covid-19, screaning. “Selanjutnya untuk administrasi dan laboratorium sederhana,” kata dia.

Baca Juga:Rumah Sakit Pasien Covid-19 di Irak terbakar, 105 Orang Tewas

Ditegaskannya, dibangunnya tenda yang dominan berwarna putih itu bukan untuk perawatan pasien Covid-19 tetapi untuk screening dan lainnya.

“Karena ruangan kami yang telah kita siapkan sesuai anjuran pemerintah 30 persen sudah full. Sementara, untuk menscreening yang biasa kami lakukan dibawah tapi karena ada yang menunggu dirujuk jadi kami buat di ruangan itu sehingga kita kekurangan-ruangan tempat periksa jadi dibangunlah tenda,” ucapnya.

Baca Juga:Kemenkes Segera Bayar Tunggakan Biaya Pengobatan Covid-19 Sebesar Rp2,4 T ke Rumah Sakit

Harapannya dengan adanya tenda itu, masyarakat bisa mendeteksi diri dari paparan Covid-19. “Sehingga dengan inilah kita membantu menseleksi dan kita juga langsung mengkontak rumah-rumah sakit yang bisa menerima pasien covid-19,” kata dia.

Saat ini, sambung dia, pihaknya tidak menerima lagi pasien Covid-19 karena ruang RS Colombia Asia full kapasitas untuk infeksi Covid-19. Sementara itu, jumlah pasien Covid-19 terakhir di RS itu berjumlah 64 sesuai bed yang tersedia.(saut/hm10)

Related Articles

Latest Articles