29.2 C
New York
Thursday, May 9, 2024

PT Pos Indonesia Salurkan Bantuan Beras untuk 8.055 Penerima BPNT di Siantar

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Pemerintah melalui Kementerian Sosial terus menggelontorkan beragam bantuan sosial (bansos) di tengah pemberlakuan segenap pembatasan. Kali ini menyasar pada Program Sembako/Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang sudah dimulai sejak Senin (9/8/21).

Upaya ini dilakukan untuk memberikan perlindungan dan jaminan sosial bagi masyarakat di wilayah yang terdampak oleh kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4. Demi memperlancar pemberian bantuan tersebut, PT Pos Indonesia (Persero) kembali dipercaya untuk proses pendistribusian.

“Sebanyak 8.055 keluarga penerima manfaat (KPM) di Kota Pematangsiantar yang menerima beras beras 10 kg. Hal ini sesuai penetapan dari Kemensos,” ucap Satgas PKH/BPNT PT Pos Indonesia cabang Pematangsiantar, Gilbert Sirait pada Mistar, Kamis (12/8/21).

Baca juga: 952 Ribu Lebih Warga Sumut akan Terima Bantuan Beras Masa PPKM

Dia menjelaskan, PT Pos Indonesia tetap mengutamakan protokol kesehatan dalam memberikan bantuan tersebut. Dimana, setiap KPM yang datang harus mematuhinya seperti cuci tangan, memakai masker, serta menjaga jarak dengan yang lainnya.

Sehingga, lokasi pengambilan bantuan tersebut pun dibagi menjadi empat tempat, yaitu kantor pos pusat di Jalan Sutomo, Jalan Sisingamangaraja, Jalan Asahan dan di Lapangan Haji Adam Malik. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kerumunan massa yang bisa menyebabkan penularan virus corona.

“Semaksimal mungkin kami menerapkan disiplin terhadap protokol kesehatan. Tapi masih saja dirasa kurang dikarenakan ketidakpatuhan masyarakat terhadap waktu pengambilan yang sudah ditentukan,”ujar Gilbert.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Sosial di Dinas Sosial P3A Kota Pematangsiantar, Risbon Sinaga mengatakan pemerintah juga memberikan bantuan ekstra bagi masyarakat berupa pemberian bantuan sosial lainnya seperti Bantuan Sosial Tunai (BST) dan bantuan beras di tengah PPKM level 4.

“Jadi, KPM penerima BPNT mendapatkan bantuan beras memang sengaja diberikan, sebagai tambahan bansos untuk masyarakat bertahan dalam kebijakan PPKM saat ini,” katanya pada Mistar usai memantau pemberian bantuan beras di Lapangan Haji Adam Malik Pematangsiantar.

Baca juga: Hari Ini Dimulai Penyaluran Bantuan Beras PPKM

Di samping itu, para KPM yang ada di program BPNT tetap menerima bantuan seperti biasanya melalui mekanisme akun elektronik atau Kartu Sembako yang melalui e-warung yang digunakan hanya untuk membeli pangan di e-Warong atau agen Brilink yang menjadi penyalur BPNT.

Risbon menuturkan, bahwa bantuan beras memang sengaja diberikan sebagai tambahan bansos untuk masyarakat bertahan dalam kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM yang terus menerus diperpanjang. Bahkan Kota Pematangsiantar sudah masuk ke level 4.

“Dalam hal ini, Kementerian Sosial bermitra dengan Badan Urusan Logistik (Bulog). PT Pos Indonesia hanya sebagai penyaluran saja. Semua data berasal dari pusat.Segera lakukan pengecekan NIK di: cekbansos.kemensos.go.id,” terang dia. (yetty/hm09)

Related Articles

Latest Articles