12 C
New York
Wednesday, May 1, 2024

Prajurit Kodam I/BB Temukan Amankan 12 Ribu Batang Ganja di Madina

Medan MISTAR.ID

Prajurit Kodam I Bukit Barisan menemukan satu hektar ladang narkotika jenis ganja di daerah Penggunaan Tor Sihite, Desa Sarangkap, Kecamatan Panyabungan Timur, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara (Sumut).

Kepala Penerangan Daerah Militer Kodam I Bukit Barisan, Kolonel Rico Siagian, mengatakan ladang ganja tersebut ditemukan pihaknya pada Selasa (12/9/23), semalam sekitar pukul 16.00 WIB.

“Lokasinya di Desa Huta Bangun dengan Desa Sirangkap. Di sana didapati 10.000 batang ganja siap panen, dan 2.000 batang ganja yang baru ditanam,” kata Kolonel Rico kepada Mistar.id Rabu (13/9/23) siang.

Lanjut kata Rico, penemuan berawal pada saat personel gabungan dari Yonif 123/RW, Intel Korem 023/KS, Unit Intel Kodim 0212/TS, Babinsa Koramil 14/Kotanopan, Penrem 023/KS, Hubrem 023/KS, Opsrem 023/KS. Didampingi masyarakat, melakukan peninjauan medan untuk latihan UST (Uji Siap Tempur) Kompi Yonif 123/RW.

Baca juga: Bawa Ganja dari Aceh, 2 Kurir Diringkus di Medan Baru, Barang Bukti 133 Kg

Informasi tersebut diterimanya langsung dari Danrem 023/KS Kolonel Inf Lukman Hakim, melalui Kasi Intel Korem 023/KS, Letkol Inf Budi Suradi yang memimpin pelaksanaan kegiatan peninjauan medan, lanjut Rico.

Kegiatan peninjauan medan tersebut diawali dengan briefing dan apel gabungan di Kipan B Yonif 123/RW pada Selasa pagi. Usai apel, personel gabungan yang dipimpin Letkol Budi Suradi bergerak menuju lokasi dengan menggunakan truk, randis dan tiga unit mobil pribadi.

“Dari pukul 10.00 WIB, personel gabungan memasuki kawasan lereng pegunungan Tor Sihite untuk meninjau lokasi medan, dan menemukan ladang ganja tersebut sekitar pukul 16.00 Wib di sore hari,” jelasnya.

Baca juga: Polisi Ringkus Pengedar Ganja di Tangga RSUD Pandan

Ladang ganja di lereng pegunungan Tor Sihite seperti ini sudah berulang kali ditemukan, tuturnya lagi. Meski langsung dimusnahkan setelah ditemukan, namun muncul lagi di beberapa lokasi berbeda.

Untuk itu kata Rico, sangat diperlukan perhatian khusus dari Pemda dan aparat terkait dalam sosialisasi tentang bahaya narkoba kepada masyarakat sekitar lereng pegunungan Tor Sihite. (Matius/hm20)

Related Articles

Latest Articles