13.6 C
New York
Monday, May 6, 2024

PPDP Mulai Mutakhirkan Data Pemilih Pilkada 2020

Medan, MISTAR.ID

Petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) mulai hari ini turun menjumpai masyarakat untuk melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih untuk Pilkada Medan 2020. Dimulainya tahapan coklit ini ditandai dengan Gerakan Klik Serentak yang seremoninya berlangsung, Rabu (15/7/20).

“Hari ini petugas akan turun langsung menemui para pemilih yang terdata dalam DP4,” kata Ketua KPU Medan Agussyah Damanik, usai kegiatan Gerakan Klik Serentak di Medan.

Dia menjelaskan, PPDP akan bekerja memutakhirkan data pemilih. Mereka akan mencoret pemilih yang tidak memenuhi syarat seperti meninggal, pindah domisili, atau menjadi TNI/Polri. Serta, juga menambahkan pemilih baru yang akan berumur 17 tahun pada 9 Desember mendatang.

Dalam menjalankan tugas ini seluruh petugas sudah dibekali dan wajib mengenakan alat pelindung diri (APD).  Agus mengatakan, sebelum ditetapkan, dalam menjamin keselamatan masyarakat dan penyelenggara, mereka juga telah melakukan rapid test Covid-19 terhadap seluruh calon PPDP sebelum ditetapkan.

Baca Juga:17 Juli PDIP Umumkan Calon Untuk Pilkada Serentak

“4.294 petugas pemutakhiran data seluruhnya sudah menjalani rapid test kemarin. Dan yang reaktif langsung kita ganti dengan petugas yang baru,” jelasnya.

Gerakan klik serentak berlangsung secara nasional. Kegiatan ini menandai dimulainya coklit data pemilih pada seluruh daerah yang akan menggelar Pilkada serentak 2020. “Sambut petugas kami dengan mempersiapkan kartu identitas atau kartu keluarga anda,” pesannya.(iskandar/hm10).

Related Articles

Latest Articles