15 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Polrestabes Medan Siagakan 2.546 Personil dan 11 Pos PAM

Medan, MISTAR.ID

Dalam rangka mengamankan situasi perayaan Natal dan Tahun Baru 2021, Polrestabes Medan menyiagakan 2.546 personil gabungan dan 11 Pos Pengamanan (PAM) di seluruh polsek jajaran.

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Riko Sunarko Sik melalui Kasubbag Humas Kompol Riama Siahaan mengatakan, 2.546 personel gabungan yang disiagakan itu terdiri dari personil Kodim 0201 BS, Satpol PP, Pom AD dan Dishub Medan. “Personel gabungan ini tergabung dalam Operasi Lilin Toba untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru wilayah Medan,” jelasnya kepada wartawan, Selasa (22/12/20).

Seluruh personel gabungan tersebut akan ditempatkan pada 11 Pos PAM yang ada di antaranya, Jalan Gatot Subroto Medan, Jalan Aksara, Simpang Amplas, Simpang Pos, Terminal Pinang Baris, Simpang Manhattan, dan Greenhill Sibolangit.

Baca Juga:Amankan Nataru, Polres Siantar Dirikan 6 Pos Pam

Kemudian GOR Yayasan Angsapura Jalan Logam Kecamatan Medan Area, Pospam Medan Mall Jalan MT Haryono, Pospam Simpang Jalan Cemara Medan Timur dan Pospam Stasiun Kereta Api Medan.

Selama pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru), pihaknya akan menerapkan berbagai langkah cara bertindak. Mulai dari langkah preventif, melaksanakan kegiatan sosialisasi dan imbauan agar tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes). “Preventif menggelar patroli dan penjagaan tempat ibadah (Gereja) dan objek-objek perayaan Natal dan Tahun Baru,” terang Riama Siahaan.

Selama pelaksanaan pengamanan Nataru, Polrestabes Medan lebih fokus terhadap keamanan keselamatan ketertiban dan kelancaran (Kamseltibcar) lalu lintas. Yakni, rekayasa lalu lintas dan pengalihan arus lalu lintas saat perayaan Nataru khususnya jalur lintas Medan-Berastagi. “Kita mendirikan dua unit Pos Lantas yakni Simpang Selayang dan Green Hill Sibolangit,” katanya.

Baca Juga:Kapolres Batu Bara Cek Pos PAM Natal Tahun Baru

Selama Operasi Lilin Toba, pihaknya juga tetap melakukan penegakan hukum terhadap berbagai potensi tindak pidana mulai dari kejahatan konvensional yakni curas, curat dan curanmor serta aksi teror.

“Diharapkan seluruh personel gabungan yang terlibat dalam pengamanan perayaan Nataru dapat melaksanakan dukungan operasi penggelaran jaringan komunikasi, penggelaran sarana dan prasarana serta bantuan medis,” pungkasnya.

Senada disampaikan Kasat Lantas Polrestabes Medan AKBP Sonny W Siregar, saat dikonfirmasi mengatakan jika dalam pengamanan perayaan Nataru , sebanyak 11 Pos PAM disiagakan di seluruh polsek jajaran Polrestabes Medan. Tujuannya untuk mengantisipasi kelancaran arus lalulintas dan hal-hal lain saat perayaan Natal dan Tahun Baru. “Untuk Operasi Lilin Toba, 11 Pos PAM sudah kita siagakan sejak tanggal 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021,” pungkasnya. (hendra/hm12)

Related Articles

Latest Articles