24.3 C
New York
Friday, July 5, 2024

Polisi Pastikan Google Maps Tak Bisa Jadi Acuan Mengecek Lokasi Macet

Medan, MISTAR.ID

Guna mengurai kemacetan di sejumlah ruas jalan yang ada di wilayah Sumatera Utara, selama libur lebaran hari raya Idul Fitri 1455 Hijriah, Polda Sumut telah melakukan rekayasa lalu lintas di beberapa lokasi. Polisi juga menyebut, pantauan ataupun informasi dari Google Maps tidak bisa menjadi acuan untuk mengetahui lokasi kemacetan.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi menyebut, pihaknya mengetahui kondisi ini pada saat menjalankan tugas pengaturan lalu lintas pada Kamis 11 April malam. Pihaknya memantau Google Maps dalam kondisi merah. Namun setelah dicek ke lokasi, arus lalu lintas masih normal.

“Pada pengecekan jalur lalu lintas tadi malam terlihat dari Google Maps, (ternyata) belum tentu menggambarkan situasi yang sesungguhnya. Merah belum berarti stuck (macet),” ujar Hadi Jumat (12/4/24).

Baca juga: Antisipasi Kemacetan Mudik Lebaran 2024, Korlantas Polri Kerjasama dengan Google Maps

Salah satu contoh yang disampaikan Hadi situasi jalur Lintas Sumatera dari arah Siantar menuju Parapat serta dari arah Toba menuju Parapat pada Kamis malam sekitar pukul 21.36 WIB.

Jika dilihat dari aplikasi Google Maps menunjukkan indikator merah pada jalur tersebut. Artinya jalur tersebut sedang alami kemacetan, nyatanya setelah di cek di lapangan arus lalu lintas masih normal.

“Setelah dilakukan pengecekan lapangan ditemukan bahwa arus lalu lintas masih berjalan normal dan beberapa ruas jalan kosong. Namun memang ada beberapa kendaraan yang sedang parkir,” tutur Hadi.

Baca juga: Sambil Lihat Google Maps, Mobil Malah Nyebur ke Saluran Air

Kata Hadi, Google Maps memang dapat dijadikan referensi saat perjalanan mudik, namun diharapkan jangan langsung resah apabila menemukan arus lalu lintas yang alami kemacetan di dalam aplikasi tersebut.

“Jangan langsung resah apabila terpantau merah dalam Google Maps. Belum tentu sesuai itu di lokasi,” terang mantan Wadirlantas Polda Kalteng itu.

Ditegaskan Hadi, Direktorat Lalu Lintas Polda Sumut terus melakukan penjagaan dan pengaturan arus lalu lintas di jalur wisata Toba untuk mengantisipasi kemacetan pada libur lebaran. (matius/hm17)

Related Articles

Latest Articles