22.1 C
New York
Wednesday, August 14, 2024

Perubahan APBD TA 2024, Wali Kota Medan Harap Target Pembangunan Infrastruktur Bisa Tercapai

Medan, MISTAR.ID

Perubahan baik dari sisi pendapatan maupun belanja pada Rancangan Perubahan APBD TA anggaran 2024 diharapkan dapat mewujudkan capaian target kinerja dibidang infrastruktur serta berbagai program strategis pembangunan yang telah ditetapkan.

Hal ini dikatakan Bobby Nasution dalam rapat paripurna dengan agenda penjelasan Wali Kota Medan terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kota Medan tentang P-APBD TA 2024 dalam rapat paripurna di gedung dewan, Senin (12/8/24).

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Kota Medan, Hasyim SE didampingi Wakil Ketua DPRD Kota Medan, Rajudin Sagala dan T Bahrumsyah, Wakil Wali Kota Medan, Aulia Rachman beserta anggota DPRD Kota Medan dan jajaran OPD Pemko Medan.

Dijelaskan Bobby, berdasarkan perubahan asumsi makro ekonomi serta penyesuaian capaian target, rancangan struktur perubahan APBD 2024 dari sisi pendapatan berubah dari Rp 7,57 triliun lebih menjadi Rp 7,12 triliun lebih.

Baca juga: Tak Sekedar Turnamen, Bobby Nasution Harap Kejurnas Sepatu Bintang Medan Open Lahirkan Atlet Berprestasi

Sementara dari sisi belanja daerah berubah dari Rp 8,02 triliun menjadi Rp 7,19 triliun lebih. Pembiayaan netto berubah dari Rp 450,07 miliar lebih menjadi Rp 68,68 miliar lebih.

“Kita tetap meyakini bahwa kapasitas fiskal Pemko Medan tetap cukup baik, sehingga program prioritas dalam bentuk pelayanan dasar maupun pelayanan penunjang dapat terpenuhi secara optimal,” ucapnya.

Dalam struktur rencana perubahan anggaran pendapatan pada perubahan APBD 2024 yaitu Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebelum perubahan Rp 3,77 triliun menjadi Rp 3,47 triliun atau turun 5,94%.

Sedangkan pendapatan transfer dari Pemerintah Pusat tetap Rp 2,71 triliun dan antar daerah turun 15,67% menjadi Rp 828 miliar sebelum perubahan Rp 981 miliar. Begitu juga dengan pendapatan daerah yang sah menurun 2,44% atau Rp 106 miliar dari sebelum perubahan Rp 109 miliar.

Baca juga: Bobby Nasution Apresiasi Perubahan Perda Pengelolaan Persampahan Kota Medan

“Kita tahu masalah dan tantangan pembangunan kota cenderung semakin berat dan kompleks, sebab selalu dipengaruhi lingkungan strategis Kota Medan secara keseluruhan. Untuk itu eksekutif dan legislatif harus mampu merumuskan kerangka regulasi maupun kerangka anggaran yang semakin efektif,” tutupnya.

Selanjutnya rapat paripurna diskor oleh pimpinan DPRD Kota Medan dengan agenda pemandangan umum fraksi-fraksi terhadap Rancangan APBD Perubahan tahun anggaran 2024. (rahmad/hm25)

Related Articles

Latest Articles