16.5 C
New York
Sunday, September 29, 2024

Pertama di Sumut, Pasien Positif Covid-19 Sembuh di RS Adam Malik

Medan, MISTAR.ID

Seorang pasien positif corona atau Covid-19 yang sempat dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik, akhirnya dinyatakan sembuh. Kesembuhan ini diklaim yang pertama di Provinsi Sumatera Utara (Sumut)

Koordinator Tim Penyakit Infeksi New-Emerging dan Re-Emerging (PINERE) Covid-19 RSUP Haji Adam Malik dr Ade Rahmaini SpP, mengatakan perihal sembuhnya pasien positif corona tersebut, Minggu (5/4/29).

“Ya, ada satu pasien sembuh dari Covid,” kata Ade ketika dihubungi lewat telepon seluler, Minggu (5/4/20).

Lanjut dia, pasien berinisial M itu adalah seorang dokter yang bertugas di RSUP H Adam Malik, dinyatakan sembuh pada Sabtu (4/4/20), dan telah pulang ke rumah. “Ya, kemarin sudah dipulangkan,” ucapnya.

Menanggapi wartawan, pasien itu katanya tidak lagi dalam pemantauan karena sudah dinyatakan negative. “Kan sudah sembuh, tapi pasien disarankan untuk membatasi diri dengan orang lain,” jelasnya.

Pasien itu, lanjuta dia, merupakan pasien yang pertama sembuh dari Covid-19 di Samatera Utara. Dari riwayat perjalannya, ia terpapar virus corona saat melakukan tinjauan ke RSPI Sulianti Suroso di Jakarta terkait penanganan Covid-19.

“Pasien dinyatakan positif makanya dirawat. Tapi setelah dua kali dikirim swabnya, hasilnya negatif. Jadi sekarang sembuh Covid-19 nya,” sebutnya.

Sementara itu, pasien berinisial AA yang juga positif Covid-19, masih dirawat. Hal ini dilakukan sembari menunggu hasil laboratorium.

“Sabar. Harapan kita juga dia sembuh. Tinggal menunggu buktinya saja,” jelasnya.

Terpisah, Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumut, dr Aris Yudhariansyah kepada wartawan membenarkan seorang pasien yang merupakan dokter di RSUP Haji Adam Malik sebagai pasien Covid-19 yang pertama kali sembuh. “Iya. Next Aulia,” jawabnya singkat.*

Reporter : Saut
Editor : Herman

Related Articles

Latest Articles